Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto: Rachmad Kurniawan)

13 Mei 2019 09:43:53 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan menyatakan proses rekapitulasi perhitungan perolehan hasil suara akan diperpanjang hingga hari ini, Senin (13/5), yang telah melewati batah akhir rekap tingkat provinsi.

"Besok dilanjutkan untuk satu Kabupaten, yaitu Kabupaten Empat Lawang untuk suara legislatif DPRD Kabupaten termasuk juga penetapan buat semua kota dan kabupaten yang masih melakukan perbaikan," kata Hepriyadi Komisioner KPU Sumsel, usai rekapitulasi suara tingkat provinsi, Senin (13/5/2019) dini hari.

Perpanjangan tersebut salah satunya disebabkan karena hingga detik terakhir proses rekapitulasi Kabupaten Empat  Lawang, baru sampai di suara DPRD provinsi pada pukul 00:00 WIB. Sehingga menyisakan rekap suara DPRD kabupaten.

"Pukuk 09:00 WIB kami lanjutkan lagi, dan juga kami sudah mempunyai surat dari KPU RI agar sekiranya bagi KPU Provinsi yang belum menyelesaikan rekapitulasi, maka akan diperpanjang sesuai dengan rekomendasi Bawaslu masing-masing daerah. Insya Allah besok semua sudah selesai," lanjutnya.

Di tempat yang sama Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto menambahkan, pihaknya telah mempersilahkan KPU Provinsi Sumsel untuk memperpanjang rekapitulasi karena dalam faktanya rapat pleno tersebut belum diselesaikan.

"Kami juga sudah mengamati hari ini semua keberatan yang disampaikan oleh saksi hari ini sudah sesuai prosedur. Bawaslu ingin semua keberatan saksi akan dibahas pada lanjutan pleno," ujarnya.

Dari catatannya, sebanyak 10 laporan masuk ke Bawaslu terkait kecurangan pemilu di tingkat calon legislatif di Daerah Pemilihan Kabupaten Empat Lawang.

"Kami akan menaruh perhatian khusus kepada Kabupaten Empat Lawang karena di forum sudah disampaikan bahwa semua ingin proses rekapitukasi berjalan substantif, tidak hanya prosedural," pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 79