Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua DPRD Palembang Darmawan. (Foto: Rachmad Kurniawan)

14 Mei 2019 17:38:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - DPRD Kota Palembang menanggapi kenaikan Pajak Bumi dan Bangun (PBB) yang belakangan dikeluhkan masyarakat ibu kota Provinsi Sumsel. Ketua DPRD Palembang Darmawan mengimbau Pemkot Palembang meninjau kenaikan NJOP yang drastis ini.

Ditemui diruangan kerjanya, Selasa (14/5/2019) Ketua DPRD Kota Palembang membenarkan adanya kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Palembang. Ia juga sudah menerima keluhan dari beberapa RT, RW dari warga, yang mengadukan kenaikan PBB yang dirasa memang cukup drastis. 

"Menurut info kenaikan tersebut dari Rp400 ribu menjadi Rp2 juta, kan banyak PNS yang pensiun, TNI yang Purnawirawan, dan banyak lagi masyarakat (maaf ngomong) ada yg buat sertifikat rumah saja belum bisa," ujarnya.

Menurutnya, dalam melakukan kenaikan pajak, Pemerintah Kota Palembang khususnya Dispenda melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Kemudian kenaikan - Kenaikan pajak tersebut dilakukan secara bertahap. 

Ia juga mengatakan, jika ada keluhan dari masyarakat dan mengharapkan keringanan biaya, maka Pemerintah Kota Palembang harus menerima keluhan itu dan melakukan peninjauan ulang. 

"Saya selaku pimpinan DPRD kota Palembang mengimbau, harusnya Dispenda sosialisasi terlebih dahulu, boleh menaikkan tapi harus memalui analisa dan kajian-kajian atau khusus daerah - daerah tertentu saja. Lihat juga kondisi perekonomian masyarakat dan semoga tidak memberatkan masyarakat," tegasnya.

Terkait hal ini, pihaknya akan koordinasi berdiskusi dengan Pemerintah Kota Palembang melalui Komisi II DPRD kota Palembang.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 1063