Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati Muba Dodi Reza Alex. (Foto: Ist)

15 Mei 2019 15:29:05 WIB

BENGKULU, GLOBALPLANET - Pengamat Politik Sumsel, Ardiansyah Chaniago mengatakan, keinginan Bupati Muba, Dodi Reza Alex untuk maju dalam Pilkada Gubernur Bengkulu tahun 2020 mendatang sangatlah rasional. Pasalnya, dengan pengalaman dan kapasitasnya, Dodi cukup berpeluang memenangkan Pilgub Bengkulu.

“Saya kira Dodi Reza sedang berhitung mana peluang yang lebih baik. Bila dibandingkan  dengan di Sumsel, maju Pilgub Bengkulu adalah pilihan paling rasional. Dodi tengah menghitung kemungkinan menang paling besar. Pilihan ikut Pilgub Bengkulu adalah sangat rasional dan cerdas,’’ ungkap Ardiansyah Chaniago kepada wartawan.

Dosen ilmu politik ini menilai, langkah Dodi Reza maju dalam Pilgub Bengkulu  mengikuti mengikuti jejak politik Bupati Musirawas, Ridwan Mukti (RM) yang menang dalam Pilgub Bengkulu. Bagi Dodi, tidak terlalu sulit untuk melakukan sosialisasi ke Bengkulu, mengingat putra mantan Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin ini adalah putra daerah Empat Lawang yang secara geografis berbatasan langsung dengan Bengkulu.

“Dodi Reza ingin meniru langkah Ridwan Mukti yang berhasil menjadi Gubernur Bengkulu. Saya kira Dodi Reza terinspirasi dengan itu. Peluang menangnya juga cukup besar,’’ ujarnya.

Ardiansyah menegaskan, jika Dodi Reza Alex ingin maju kembali dalam Pilgub Sumsel tahun 2024 sangatlah berat. Mengingat bakal lawannya adalah Gubernur Sumsel petahana, H. Herman Deru (HD) yang dikenal sangat populis dan merakyat.

“Bagi Dodi Reza sangatlah berat bila kembali maju Pilgub Sumsel 2004. Kekalahannya atas Herman Deru pada Pilgub 2018 pasti sangat memukulnya,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, Dodi Reza pasti berkaca dari pengalaman Pilgub Sumsel 2018 lalu. Dimana meskipun saat itu dirinya didukung total sang ayah, H. Alex Noerdin yang sedang berkuasa menjadi Gubernur Sumsel ditambah dirinya adalah Bupati Muba, namun ternyata berhasil dikalahkan pasangan Herman Deru- Mawardi Yahya (HDMY) yang saat itu hanyalah pensiunan bupati dan bukan ketua partai politik.

“Saya kira langkah cerdas Dodi Reza untuk maju Pilgub Bengkulu adalah hasil diskusi dengan ayahnya, Alex Noerdin. Keluarga itu punya ambisi untuk menjadi gubernur,’’ ujarnya.

Seperti diberitakan, Pilgub Bengkulu  akan digelar tahun 2020 bakal diramaikan dengan para tokoh. Bahkan, saat ini sejumlah tokoh pun sudah tampak turun menjumpai masyarakat untuk memperkenalkan diri tak terkecuali Bupati Muba Dody Reza Alex Noerdin yang juga Putra Mantan Gubernur Sumsel. 

Dikabarkan, meskipun belum deklrasi, namun Dodi Reza sudah mulai gencar sosialisasi di Bengkulu, antara lain beberapa hari lalu, diduga menggelar solat tarawih di Kaur, Bengkulu. Di sejumlah media massa lokal Bengkulu, nama Dodi Reza Alex sudah mulai ramai diberitakan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin membantah pernyataan yang menyebut dirinya akan maju ke Pilgub Bengkulu. "Saya masih fokus dan konsen di Muba, yang kemungkinan pilkada dipercepat oleh DPR baru nanti. Mengenai foto dirinya yang sedang mengadakan shalat terawih di Kedurang Bengkulu,  itu tidaklah benar. Saya tidak pernah salat tarawih di Bengkulu, sekarang saya banyak kegiatan safari Ramadaan di Muba. Foto itu saat berada di Masjid Jami’ Annur Sekayu,” ungkapnya seperti dilansir maklumat dari sumseldeadline.

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 653