Berita :: GLOBALPLANET.news

Bawang Putih

15 Mei 2019 15:48:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Anomali harga bawang putih terjadi di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan. Sebab, harga bawang putih di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini relatif masih mahal.

Padahal, pada hari Selasa (14/5/2019) lalu telah dilakukan operasi pasar (OP) di 6 pasar tradisional yakni Pasar Simpang Limun, Petisah, Pusat Pasar, Sei Sikambing, Palapa, dan Pasar Labuhan Belawan.

Ada 29 ton bawang putih yang digelontorkan pemerintah di enam pasar tradisonal tersebut guna meredam kenaikan harga bawang putih di saat bulan ramadhan saat ini.

"Namun (harganya) masih bertahan mahal. Pada hari Rabu ini (15/5/2019), harga bawang putih masih berkisar Rp 45.000 hingga Rp 50.000 per kg. Tidak beda jauhlah dengan harga sebelum dilakukan OP," kata Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Ahmad Syafri Nasution, kepada para wartawan.

Ahmad Syafri Nasution mengatakan, harga OP bawang putih dipatok Rp 30.000 per kilogram ke masyarakat. Sementara pedagang mengambil dari kontainer seharga Rp 25.000 per kg.

"Meski hari ini bawang putih masih mahal, tapi diharapkan sudah bisa memenuhi stok beberapa hari ke depan dari OP kemarin," katanya.

Dia mengatakan, OP yang dilakukan pihaknya memang hanya satu hari dan belum tahu apakah akan ada OP lagi atau tidak. Diakuinya, ketersediaan bawang putih di Sumut memang sangat minim karena produksinya sangat kecil. Tapi begitupun, pihaknya akan menjamin ketersediaannya termasuk melalui impor yang akan dipasok ke Sumut.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, mengatakan, stok bawang putih di pasar sudah membaik. "Saya juga sudah mendapatkan kabar bahwa sejumlah kontainer bawang putih sudah bersandar di Pelabuhan Belawan," katanya.

Harga bawang putih yang kini berkisar Rp 45.000 hingga Rp 50.000 per kg di tingkat pedagang tradisional, memang masih mahal. Tapi ada potensi harga bawang putih turun ke Rp 35.000 hingga Rp 40.000 per kg.

Untuk bisa ke kisaran Rp 30.000 per kg, kata Gunawan, masih sulit. Namun menurutnya, harga keekonomian di Rp 35.000 per kg sudah memadai mengingat kondisi harga bawang putih dari negara asal juga mengalami kenaikan.

"Paling penting tidak ada fluktuasi harga bawang putih yang tidak wajar seperti yang sebelumnya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk panik," kata Gunawan.

Reporter : Hendrik Hutabarat Editor : M.Rohali 55