Berita :: GLOBALPLANET.news

Wakil Bupati Banyuasin melakukan Sidak di Pasar Pangkalan Balai, Kamis (16/5/2019). (Foto: Ist)

16 Mei 2019 14:00:00 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono SH didampingi instansi terkait seperti Dinas Pasar dan Koperindag Banyuasin, melakukan Sidak di Pasar Pangkalan Balai. Tujuannya untuk mengetahui keseterilan makanan, ikan dan sayuran serta buah-buahan.

Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono mengatakan, Sidak ke Pasar Pangkalan Balai merupakan yang kedua setelah Pasar Betung. Hasilnya ada ditemukan makanan yang ada formalinnya seperti buah anggur, tahu dan sebagainya.

Ada juga makanan berbuka puasa, yang mengandung bahan tekstil batik. Oleh sebab itu semua barang yang mengandung pengawet harua segera disingkirkan.

"Kami minta kepada instansi terkait untuk memberikan sosialisasi bahaya akan formalin ini," kata wabub di hadapan pedagang.

Terkait kondisi pasar, khusus pasar basah seperti penjual ikan dan ayam akan dipindahkan lokasinya. "Jadi kedepannya pasar ini akan menjadi lebih rapi lagi," jelas dia.

Untuk harga sejauh ini cukup stabil bahkan ada yang turun seperti bawang putih, dikabarkan Rp.100 ribu perkilo, namun saat ini hanya Rp.50 ribu perkilo. Bawang Merah Rp.30 ribu, Ayam Kampung Rp.70 ribu, Susu Rp.10 ribu, daging sapi Rp.120 ribu, Ayam Potong Rp.30 ribu. "Kami harap tidak ada pedagang yang menaikan harga," harap dia.

Pantauan Diakhir acara ada kuis untuk pedagang, siapa yang bisa menjawab pertanyaan langsung diberikan hadiah oleh Wakil Bupati Banyuasin. Selain itu pedagang yang makanannya di tes diberikan ganti rugi Rp.50 ribu. Sehingga pedagangpun merasa sangat senang.

Reporter : Adi Irawan Editor : M.Rohali 124