Berita :: GLOBALPLANET.news

Tim Dinkes dan Polsek Lempuing mendatangi Pabrik tahu milik Ahmad Isro'i (36) di Dusun III RT 03 Desa Tugumulyo, Kecamatan Lempuing, pabrik ini menggunakan bahan formalin. (Foto: Ist)

20 Mei 2019 17:44:27 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Pabrik tahu milik Ahmad Isro'i (36) di Dusun III RT 03 Desa Tugumulyo, Kecamatan Lempuing datangi tim dari Dinkes dan Polsek Lempuing. Alhasil ditemukan ribuan biji tahu hasil produksi yang siap dijual mengandung formalin.

Kapolres OKI, AKPP Donni Eka Syaputra melalui Kapolsek Lempuing, AKP Bustomi SH mengatakan, pihaknya menemukan satu derigen yang berisi 10 L formalin Murni, empat derigen 20 L berisi air yang dicampur Formalin, 26 kantong plastik tahu siap kirim kurang lebih 2.650 biji.

Diduga derigen formalin yang diduga akan digunakan sebagai bahan campuran membuat tahu." Kalau tahu nya banyak yang ditemukan ada yang siap untuk dijual pemeriksaan lebih lanjut akan diserahkan kepada Polres OKI untuk ditindaklanjuti," terangnya Senin (20/5/2019).

Sementara itu, Kasi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan OKI, Uli Arta saat dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan tahu berformalin. Saat itu ada stafnya yang melakukan inspeksi di Pasar Tugumulyo bersama PKM Tugumulyo di pasar, toko makanan, makanan jajanan, pasar dan minimarket dan toko manisan.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan tahu yang mengandung formalin dan tim tersebut langsung ke pabrik tahu untuk mengecek kebenarannya.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 2792