Berita :: GLOBALPLANET.news

24 Mei 2019 21:34:19 WIB

KAYUAGUNG, GLOBALPLANET - Menyambut lebaran Idul Fitri 1440 H, Tol PPKA dan Kayuagung - Palembang siap difungsikan. Kepastian itu setelah rombongan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) menyusuri tol Lampung hingga Palembang, untuk memastikan jalan tol tersebut dapat dilalui pemudik.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengaku puas dengan kerja keras pihak HK (Hutama Karya) dan Waskita Karya dalam menyelamatkan dua pembangunan tol tersebut. "Mudah-mudahan selesai tepat waktu dan sebelum Oktober dapat diresmikan," ucapnya,Jumat (24/5/2019).

Tol ini sudah dipastikan siap fungsional untuk digunakan para pemudik dari Jawa ke Sumatera. Mudah-mudahan target peresmian sebelum Oktober dapat terealisasi.

Sementara itu, Kepala Divisi 6 Tol Sumatera Heri Supriadi mengungkapkan, progres Tol Kayuagung- Palembang 77,7  persen itu ada  yang masih agregat dan sebagian aspal karena saat ini kondisi cuaca kurang baik. Agregat sekitar 7 km dititik  KM13, K9-KM 16 tapi ada sebagian aspal.

Untuk rest area IC Jejawi di KM 347 lengkap dengan toilet, ada mobil derek, ambulance tiga unit dan tim medis.

Untuk pintu keluar dari Pematang Kayuagung- Jakabaring  keluar di Jakabaring, dan satu pintu lagi alternatif exit dari Tanjung Pasir di daerah Jakabaring dan keluarnya sama di Lingkar Selatan.

Kepala Cabang Proyek Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayuagung dari PT Hutama Karya, Yoni Setyo mengatakan, untuk fungsional tol PPKA sudah siap dibuka pada H-7 mendatang hingga H+7.

 

Pemudik Akan Merasa Nyaman 

Tak hanya itu mengantisipasi terjadinya hal yang tidak  diinginkan pemudik, pihaknya dari Tol Terbanggi-  Pematang Panggang- Kayuagung menyiapkan tujuh unit mobil  derek, tujuh unit mobil  patroli, empat unit mobil ambulance, 3 unit mobil rescue  yang dilengkapi tenaga medis.

Dari Terbanggi Besar - Kayuagung pihaknya menyiapkan enam titik rest area dan masih bersifat darurat. Toilet yang dilengkapi air bersih dan mushola tapi bisa digunakan portable. Sementara SPBU ada dua jenis  moduler ada motoris.

Ditambahkannya masih ada dua titik pengerjaan untuk pelapisan aspal karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Tapi sebelum H-7 pihaknya optimistis semua sudah selesai dikerjakan, karena tol PPKA akan fungsional. 

Untuk arus mudik jalan tersebut bisa dilalui pemudik asal Jawa, Lampung ke Sumatera. Sementara arus balik pemudik asal Sumatera ke Jawa, karena satu pintu jadi nanti akan dilakukan sistem buka tutup. 

Reporter : Riko Saputra Editor : Zul Mulkan 401