Berita :: GLOBALPLANET.news

Camat SP Padang, H. Herliansyah Hilaluddin, S.STP, M.Si saat memberikan kata sambutannya pada acara peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Al-Musjah Kecamatan SP Padang, Jum'at (24/5/2019). (Foto: Riko Saputra)

24 Mei 2019 22:19:47 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Peringatan Nuzulul Qur'an di Kecamatan SP Padang, Kabupaten OKI Sumsel diisi dengan kegiatan keagamaan bagi masyarakat 20 desa. Peringatan turunnya firman Allah melalui Nabi Muhammad, untuk disampaikan dan diajarkan kepada seluruh umatnya ini, digelar di Masjid Al-Husjah Kecamatan SP Padang, Jumat (24/5/2019).

Bupati OKI, H. Iskandar melalui Camat SP Padang, H. Herliansyah Hilaluddin, mengatakan kegiatan ini untuk mengingatkan kembali masyarakat bahwa Al-Qur'an merupakan pegangan hidup dan tuntunan serta petuniuk.

"Dengan selalu berpedoman pada kitab suci Al-Qur'an, Insya Allah kita akan selalu bertaqwa kepada Allah, dan terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Islam. Karena di dalamnya terdapat konsep hidup manusia dalam segala bidang, semua problem manusia telah terjawab oleh kitab suci Al-Qur'an," bebernya.

Al-Qur'an tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan tuhannya, akan tetapi juga mengatur hubungan antara sesama manusia bahkan dengan alam lingkungannya. 

Selain itu, segala sisi kehidupan manusia dengan segala problemnya selalu terdapat jawabannya dalam Alquran. Tidak ada kitab yang ada di dunia ini yang lengkapnya sepertl Al-Qur'an.

"Alhamdulillah, malam ini kita kembali dapat memperingati Nuzulul Qur’an, malam di mana Allah pertama kalinya menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman bagi kehidupan kita yang lengkap, karena mengandung banyak hikmah, sejarah, aturan hukum dan moral," pungkasnya.

Sebelumnya dalam rangkai kegiatan peringatan Nuzulul Qur'an tersebut, Camat SP Padang bersama-sama dengan Kepala Desa, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dari masing-masing desa dan beserta masyarakat yang hadir, terlebih dahulu menggelar sholat Isya dan Tarawih bersama. Dilanjutkan dengan mendengarkan lantunan lagu robana atau kasidah dari PKK Kecamatan, lalu kemudian mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Andri. 

Reporter : Riko Saputra Editor : Zul Mulkan 263