Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi. (Foto: Ist)

26 Mei 2019 15:03:44 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasun berencana menggelar pawai saat perayaam malam takbiran mendatang. Pawai yang telah menjadi tradisi selepas Ramadan dan menyambut lebaran itu diprediksi bakal dihadiri ribuan masyarakat Bumi Serasan Sekate.

"Kita sudah bentuk kepanitiaan dan menggelar rapat koordinasi persiapan malam Takbiran dan pelaksanaan Shalat Idul Fitri nanti," ujar Asisten I Setda Muba Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), H Rusli.

Adapun lokasi pelepasan malam takbiran direncanakan sepanjang Jalan Kolonel Wahid Udin, dimulai dari Jalan Depan Rumah Dinas Bupati Muba dengan rute sampai ke Simpang Balai Agung arah JM - Jalan Merdeka - Tugu Adipura - Kayuara  dan finish kembali lagi di Depan Rumah Dinas Bupati Muba.

Dimana pawai diprekirakan berlangsung selama 1 jam perjalanan. "Pihak keamanan sudah siap karena  perlunya penataan lalu lintas rute yang dilewati rombongan pawai pada malam takbiran, Polres Muba dibantu oleh Dishub, dan Satpol PP serta porsonil Dinkes yang stanby bila terjadi kemungkinan yang tidak diinginkan," jelas dia.

Sementara, Kabag Kesra Setda Muba, Opi Pahlopi, mengatakan,  perlunya persiapan ini dilaksanakan jauh hari agar disaat pelaksanaan rangkaian acara Malam Takbiran dan Shalat Idul Fitri 1440 H berjalan dengan baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Sesuai dengan arahan Bupati Muba, direncanakan pelaksanaan Shalat Idul Fitri dilaksanakan di di Lapangan Rumah Dinas Bupati Muba, kemudian ditentukan juga cadangan tempat pelaksanaan Shalat Idul Fitri andaikan cuaca hujan maka dialihkan ke Pendopoan Bupati Muba atau ke masjid disekitarnya," jelas dia.

Bukan hanya itu, sambung dia, seluruh OPD juga diminta untuk membawa masing-masing istri dan keluarga beserta staf nya untuk meramaikan Sholat Idul Fitri di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate. 

"Untuk kontrol massa nya terkhusus Kades dan Lurah Kecamatan Sekayu agar menghimbau masyarakatnya untuk ikut berpartisipasi pada Malam Takbiran dan Sholat Idul Fitri bersama," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Karerek 202