Berita :: GLOBALPLANET.news

Gubernur Sumsel, Herman Deru melakukan MoU, Senin, (27/5/2019). (Foto: Ist)

27 Mei 2019 14:11:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kota Palembang dipastikan bakal menjadi tuan rumah seri kejuaraan motocros internasional MXGP. Kepastian ini disampaikan oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa.

"Palembang ini sekarang menjadi sports tourism Indonesia yang lokasinya berada di Jakabaring. Secara resmi pagi ini kami menandatangani kesepakatan atau MOU untuk mendatangkan event MXGP di 6-7 Juli 2019," terang Sadikin Aksa di kantor Gubernur Sumsel, Senin (27/5/2019).

Dikatakan Sadkin, event kejuaraan MXGP merupakan event tertinggi offroad. Maka IMI sudah sejak jauh hari mencanangkan Kota Pempek sebagai tuan rumah menggantikan Kota Pangkal Pinang yang menjafi tuan rumah pada 2017 dan 2018 lalu.

"Ini event ketiga dan kami pastikan akan diselenggarakan di Palembang. Fasilitas di sini lengkap, lahan luas dan lokasinya sangat strategis di Jakabaring," katanya.

Dalam catatan IMI, event pertama MXGP digelar di Kota Pangkal Pinang pda tahun 2017 lalu. Selanjutnya pada tahun kedua, event internasional ini digelar di Pangkal Pinang dan Semarang.

"Tahun ini rencananya diselengarakan di Palembang dan Semarang, tapi tahun ini kami tunggu dari Semarang. Kalau tidak ada kabar, semua dibawa ke Palembang saja," katanya.

Sadikin menyebutkan, sudah ada 150 official dan peserta dari perwakilan 28 negara di Dunia. Seluruhnya dipastikan menghadiri MXGP pada Juli mendatang untuk mulai berlatih sebelum even digelar.

Saat disingung soal Kota Pangkal Pinang yang tidak lagi menjadi tuan rumah pada tahun ini, Sadiikin meyebut punya alasan tersediri. Baik dari fasilitas penerbangan, fasilitas oenonton dan sulitnya akses ke Pangkal Pinang.

"Tahun lalu penyelenggaraan di Pangkal Pinang itu sempat bermasalah. Banyak penonton yang nggak bisa hadir karena keterbatasan penerbangan. Bahkan alat dan perangkat sekitar 60 ton untuk acara sulit sampai ke lokasi," katanya.

"Pernah juga kami dapat kendala sampai 20 jam nggak bisa berangkat karena ada pendangkalan air laut. Masih banyak lagi masalah lain dan akhirnya diputuskan di Palembang dan gubernur pun siap," kata Sadikin.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru memastikan Palembang siap menjadi tuan rumah MXGP. Dia menilai, MXGP sebagai olahraga seluruh kalangan masyarakat. 

"Saya awal ketemu dengan ketua IMI ini langsung saya katakan Palembang siap. Kita punya lahan luas di Jakabaring, ini apa yang dibutuhkan kita suport," tegas Herman Deru.

"MXGP ini olahraga yang merakyat, pasti banyak yang datang untuk menyaksikan. Belum lagi nanti turis, bisa sampai 3 ribu yang datang. Saya fikir motocross bukan hanya oleharaga milik orang kota, orang kaya, tapi milik masyarakat umum juga," katanya.

Secara tegas Herman Deru memastikan, Palembang siap menjadi tuan rumah jika Semarang belum memberikan jawaban. Dia akan membantu seluruh persiapan agar event motocross itu diselengarakan di Palembang.

"Janganlah nunggu semarang seminggu lagi pak Sadikin, ambillah sekarang. Kita siap," tegas Herman meyakinkan seluruh perwakilan IMI.

Reporter : Nasrio Siregar Editor : Karerek 111