Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi

01 Juni 2019 19:22:08 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Banyuasin hari ini telah menerima hasil audit laporan dana kampanye (LPPDK) Partai politik peserta pemilu 2019 dari Konsultan Akuntan Publik.

"Hari ini kami sudah menerima hasil audit dana kampanye partai politik dari KAP, Besok akan kita serahkan langsung ke Partai Politik," ujar Komisioner KPU Muba Divisi Hukum Yupizer, Sabtu (1/6/2019).

Dikatakan Yupizer, dari hasil audit tersebut ada ada empat parpol yang tidak patuh melaporkan dana kampanyenya ke KAP.

"Ada partai politik yang tidak menyerahkan LPPDK / Tidak patuh / tidak sesuai yakni Parpol PBB keterangan (tidak diproses audit), Parpol PKPI (tidak diproses audit), Parpol PSI (tidak diproses audit), Parpol Garuda (tidak diproses audit)," kata dia.

Sedangkan untuk Partai Politik yang dinyatakan Patuh atau sudah sesuai yakni Partai Golkar, PAN, Hanura, Gerindra, Berkarya, Nasdem, PPP, PKS, PKB, Demokrat, PDI-Perjuangan, Perindo

"Audit yang dilakukan tersebut guna melihat dan mengukur kepatuhan masing-masing peserta Pemilu 2019. Salah satu bentuk kepatuhan, semisal tidak menerima dana kampanye dari sumber terlarang, semisal dari pihak asing," terang dia.

Lebih lanjut Yupizer mengatakan, jika peserta Pemilu terbukti mendapatkan dana dari pihak-pihak tersebut, mereka akan diminta untuk mengembalikan dana tersebut ke dalam kas negara. Dan disampaikan kepada KPU.

"Untuk hasil auditnya, besok akan kita sampaikan ke Parpol dan kita umumkan ke publik melalui website KPU Muba," tandas dia.

 

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 189