Berita :: GLOBALPLANET.news

Suparman Romans ketua Presidium P3KPU usai konferensi Pers, Senin (10/6/2019). (Rachmad Kurniawan)

10 Juni 2019 19:35:32 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sempat menjadi wacana, pemekaran wilayah Seberang Ulu yang akan memisahkan diri dari Palembang, kini nampaknya bakal terealisasikan

Ini terlihat atas dilakukannya persiapan deklarasi dan sarasehan P3KPU (Presidium Persiapan Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu) di Aula Gedung DPD RI Sumsel di Jalan poros Jakabaring samping OPI mall, Senin (10/6/2019).

Menurut Suparman Romans selaku ketua Presidium P3KPU, ini dilakukan dalam rangka menampung aspirasi dari masyarakat Seberang Ulu dan terakumulasi menjadi komitmen Kabupaten Palembang Ulu yang diwujudkan jadi Daerah Otonomi Baru (DOB)

"Hari ini kita melakukan Konferensi untuk memberikan keterangan terkait persiapan P3KPU, karena sudah cukup syarat. Baik syarat administrasi maupun syarat teknis. Ada lima kecamatan Seberang Ulu terpenuhi. Yakni SU 1, SU 2, Kertapati, Jakabaring, Plaju," tutur Suparman

Ia mengatakan, Kabupaten baru ini tak menutup kemungkinan menarik Kecamatan dari Kabupaten tetangga yang berbatasan seperti Mariana, Ibul Besar, dan salah satu Kecamatan di ujung Kertapati yang masuk Kabupaten Muaraenim.

Suparman yang juga Ketua KONI Palembang ini berkeyakinan dengan terbentuknya Kabupaten Palembang Ulu akan memacu percepatan pembangunan baik pembangunan fisik dan SDM.

"Aset olahraga di Seberang Ulu ini milik Pemprov Sumsel jadi saya rasa tidak ada pengaruh. Saya yakin Palembang Ulu akan membantu visi Palembang Emas Darussalam, dan juga mempercepat predikat kota pariwisata," pungkasnya.

​​​​

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Karerek 4288