Berita :: GLOBALPLANET.news

Walikota Palembang H Harnojoyo ketika diwawancara, Selasa (11/6/2019). (Rachmad Kurniawan).

11 Juni 2019 15:56:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Menanggapi adanya wacana pemekaran wilayah Kabupaten Palembang Ulu yang akan disiapkan oleh P3KPU, Senin (10/6/2019) kemarin.

Walikota Palembang H Harnojoyo mengapresiasi keinginan sejumlah masyarakat yang memang ingin membuat Kabupaten baru.

"Saya tentu mengapresiasi keinginan masyarakat, artinya ada semangat pemerataan sehingga kesejahteraan masyarakat sepenuhnya merata," ungkap Harno usai Halal Bihalal di Rumah Dinas Walikota, Selasa (11/6/2019).

Harno melanjutkan, disamping itu pengkajian untuk melihat potensi-potensi yang bakal nampak di daerah tersebut sangat penting.

"Tentu perlu dikaji lagi apakah yang menjadi keinginan masyarakat ini, dengan tujuan meratakan pembangunan ekonomi masyarakatnya apakah sudah pantas," lanjutnya.

Sebelumnya dilakukan persiapan deklarasi dan sarasehan P3KPU (Presidium Persiapan Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu) di Aula Gedung DPD RI Sumsel di Jalan poros Jakabaring samping OPI mall, Senin (10/6/2019).

Menurut Suparman Romans selaku ketua Presidium P3KPU, ini dilakukan dalam rangka menampung aspirasi dari masyarakat Seberang Ulu dan terakumulasi menjadi komitmen Kabupaten Palembang Ulu yang diwujudkan jadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Kita melakukan Konferensi untuk memberikan keterangan terkait persiapan P3KPU, karena sudah cukup syarat. Baik syarat administrasi maupun syarat teknis. Ada lima kecamatan Seberang Ulu terpenuhi. Yakni SU 1, SU 2, Kertapati, Jakabaring, Plaju," tutur Suparman

Ia mengatakan, Kabupaten baru ini tak menutup kemungkinan menarik Kecamatan dari Kabupaten tetangga yang berbatasan seperti Mariana, Ibul Besar, dan salah satu Kecamatan di ujung Kertapati yang masuk Kabupaten Muaraenim.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Karerek 283