Berita :: GLOBALPLANET.news

Gubernur Sumsel Herman Deru ketika berada di dalam LRT, Selasa (11/6/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

11 Juni 2019 19:24:04 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Untuk mengambil kembali aset milik Pemerintah Provinsi Sumsel yang belum ditelusuri, Gubernur Provinsi Sumsel Herman Deru akan membentuk 4 Tim khusus untuk menelusuri dan mengambil kembali aset-aset milik pemprov Sumsel.

"4 tim terdiri dari ASN, Inspektorat, Kepolisian dan Kejaksaan. Tim ini akan mengurus barang milik negara itu," katanya saat ditemui tengah menaiki LRT, Selasa (11/6/2019).

Deru menegaskan, kepada pihak-pihak yang menguasi aset Pemprov dan tidak berhak agar dapat bekerja sama dan untuk segera mengembalikan. 

"Jika masih ada yang mangkir, pasti ada hukumnya. Karena itu bentuk pelanggaran tentu akan di proses hukum. Jadi, dengan segala hormat saya meminta para mantan pejabat ataupun yang tidak lagi memiliki hak untuk menguasai barang- barang milik negara untuk segera di kembalikan," tegas dia.

Sementara menurut Staf Khusus Gubernur Bidang Pengendalian Aset Arwin Novansyah mengatakan, bahwa untuk kendaraan sudah ada puluhan kendaraan roda empat (R4) yang dikembalikan ke Pemprov Sumsel. "Puluhan kendaraan berupa mobil sudah dikembalikan ke Pemprov Sumsel," ujarnya.

Menurutnya, salah satu mobil yang sudah dikembalikan ke Pemprov Sumsel ada dari mantan Gubernur Sumsel terdahulu. Kemudian yang masih belum dikembalikan ada dari mantan Ketua DPRD Pemprov Sumsel. 

"Untuk aset kendaraan yang sudah dikembalikan ini ada yang ditempatkan di Griya Agung  dan ada juga dikembalikan ke OPD masing-masing," singkatnya.

Berdasarkan data sebelumnya aset Pemprov Sumsel untuk kendaraan dinas totalnya R4 sebanyak 1.263 unit, R3 sebanyak 17 unit dan R2 sebanyak 2.313 unit. 

Namun ada 1.589 kendaraan milik Pemprov Sumsel yang bermasalah, rinciaannya R4 sebanyak 273 unit dan R2 sebanyak 836 unit tidak dapat ditelusuri keberadaanya dan ada R4 sebanyak 247 unit dan R2 sebanyak 232 unit yang tercantum dalam berita acara pinjam pakai, namun tidak ada dalam KIB di Biro Umum dan Perlengkapan Setda Provinsi Sumsel. 

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Karerek 132