Berita :: GLOBALPLANET.news

Camat Sekayu Marko Susanto saat menempelkan stiker bertanda KTNA ke salah satu rumah warga yang dijadikan homestay bagi peserta KTNA. (Foto: Ist)

12 Juni 2019 12:47:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), akan berlangsung pada 24 - 28 Juni 2019.

Untuk menampung seluruh peserta yang diperkirakan mencapai 2.723 orang dari 17 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Sumsel, panitia menyiapkan sebanyak 207 rumah penduduk yang representatif sesuai syarat yang telah ditetapkan panitia. Homestay ini tersebar dalam Kecamatan Sekayu yang dibagi dalam empat kelurahan yakni di Kelurahan Balai Agung, Soak Baru, Serasan Jaya dan Kelurahan Kayuara.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Muba, Ir A Thamrin mengatakan, selain homestay kepanitiaan juga telah menyiapkan hotel, penginapan dan losmen yang berada di Kota Sekayu. Semua kamar tersedia sebanyak 564 kamar yang diperuntukan bagi tamu-tamu baik kepala daerah dan tamu undangan lainya.

"Sedangkan untuk fasilitas pendukung homestay sudah dipastikan semua baik dan dipastikan air PDAM mengalir lancar selama pelaksanaan kegiatan KTNA, listrik wajib menyala setiap hari serta fasilitas kesiapan konsumsi peserta selama kegiatan baik makan dan minum sudah disediakan di tempat acara," ujarnya.

Kemudian fasilitas lain yang disiapkan yakni tranportasi bagi tamu dan undangan, fasilitas ibadah yang dekat, dan MAP serta buku panduan informasi tentang KTNA untuk mempermudah tamu dan peserta.

Sementara Camat Sekayu, Marko Susanto SSTP, MSi selaku penanggung jawab homestay menjelaskan bahwa homestay telah dibagi di empat zona kelurahan dalam Kecamatan Sekayu. "Selaku lurah, bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta pemilik rumah akan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu-tamu kita dan seluruh LO yang bekerja tentunya informasi tentang kesiapan serta lokasi home stay tempat tamu menginap sudah dipastikan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan panitia Besar KTNA," katanya.

Dilanjutkan Marko, dalam setiap kesempatan pihaknya juga menyosialisasikan kepada warga khususnya Kecamatan Sekayu. “Kita dapat menjadi tuan rumah yang baik, kita selaku warga yang memiliki Agama budaya serta adat istiadat yang mengedepankan silaturahmi dan bermusyawarah dalam mencapai kemufakatan serta menjunjung tinggi etika, sopan santun bergotong royong akan diuji saat penyelengraan KTNA XIII ini. Untuk itu Mari kita jaga semua untuk bersama sama dan kita siap menjadi tuan rumah yang baik dan saya yakin warga kecamatan Sekayu siap untuk itu tutur Marko,” tambahnya.

Untuk zona wilayah lokasi Homestay dan peruntukannya disebutkan di Kelurahan Kayuara untuk 1.046 orang ditampung di 114 rumah warga dan diperuntukan bagi peserta dari Kabupaten PALI, Musirawas Utara dan Muba. Kemudian di Kelurahan Serasan Jaya untuk 488 orang ditampung di 40 rumah bagi peserta dari Kabupaten PALI, Muba, OKI, Muara Enim, Palembang, Lahat, Pagar Alam dan Empat Lawang.

Selanjutnya untuk Kelurahan Soak Baru untuk 355 orang ditampung di 33 rumah bagi peserta dari Kabupaten OKU, Banyuasin, Lubuk Linggau dan Musi Rawas. Terakhir di Kelurahan Balai Agung untuk 305 orang ditampung di 20 rumah bagi peserta Prabumulih, OKU Selatan, OKU Timur dan Ogan Ilir, OKI.

"Peserta bakal check in pada tanggal 23 Juni 2019 pukul 16:00 WIB dan check out pada tanggal 28 Juni setelah penutupan acara para peserta pulang ke daerah masing-masing," jelas Marco.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 125