Berita :: GLOBALPLANET.news

Para petugas Satpol PP Kota Medan menggusur lapak para pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang hingga badan jalan di Pasar Kampung Lalang, Rabu (13/6). (Foto: Hendrik)

12 Juni 2019 15:51:00 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Medan Sumut sempat diwarnai kericuhan, Rabu (13/6). Seorang personel Satpol PP hampir kena tikaman senjata tajam salah satu PKL di Pasar Kampung Lalang yang menolak ditertibkan.

Pedagang yang belum diketahui identitasnya tersebut menolak penggusuran yang dilakukan petugas. Pedagang tersebut lalu mengambil sebilah pisau dan nyaris menikam salah seorang petugas Satpol PP. Namun upaya pedagang itu tidak berhasil, karena petugas Satpol PP yang hendak ditikam, berhasil mengelak. 

Mengetahui ada upaya penikaman, petugas Satpol PP  yang lain pun berdatangan untuk memberikan bantuan. Pedagang yang bersangkutan pun ciut dan berlari memasuki tokonya. 

Petugas Satpol PP tidak terima dan mengejarnya. Namun Kasatpol PP Kota Medan H Sofyan menghentikan dan kemudian meredakan amarah anggotanya. “Sudah, gak usah dikejar. Kita serahkan saja masalah ini kepada pihak berwajib untuk menanganinya. Kita lanjutkan kembali penertiban ini!” teriak Sofyan menggunakan pengeras suara.

Pengejaran dihentikan, petugas Satpol PP kembali melanjutkan penertiban, sedangkan sejumlah aparat kepolisian yang turut serta dalam penertiban mendatangi kios milik pedagang yang hendak melakukan penikaman tersebut. Sementara penertiban tetap berjalan, satu persatu lapak pedagang pun dibongkar.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 152