Berita :: GLOBALPLANET.news

Wakil Walikota Fitrianti ketika di wawancara, Rabu (12/6/2019). (Rachmad Kurniawan)

12 Juni 2019 15:55:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Salah satu upaya yang dilakukan Pemeritah Kota Palembang untuk meminimalisir jumlah dan penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan membuat bank sampah di setiap kelurahan.

Hal ini diutarakan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda usai rapat di ruang Setda II Pemkot Palembang, Rabu (12/6/2019).

Fitri mengungkapkan, rencana pembuatan bank sampah bertujuan mengurangi beban jumlah sampah di TPA Sukawinatan dan Karya Jaya.

"Ada 19 titik tambahan di Kelurahan/Kecamatan selain Kalidoni yang akan dibangun Bank Sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS)-nya," ungkapnya. 

Menurut Fitri, volume sampah yang terus meningkat menjadi alasan pembuatan bank sampah tersebut. 

"Hampir setiap hari sebanyak 1.400 ton segala jenis sampah dihasilkan warga kita (Kota Palembang). Ditambah lagi usai Idul Fitri sampahnya luar biasa banyak," ungkapnya.

Bank sampah sendiri akan berfungsi memilah sampah yang bisa didaur ulang. "Termasuk sampah plastik yang akan dicacah menjadi premium dan solar, secepatnya akan kami realisasikan. Kami berharap jumlah sampah dapat diminimalisir, bahkan nanti akan kami sosialisasikan ke masyarakat," ujarnya.

Dalam uapaya tersebut, Fitri mengaku akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi terkait posisi sebagian titik yang bakal dibuat TPS adalah lahan milik Pemprov Sumsel.

Sementra itu, Kadis DLHK Kota Palembang Faizal AR menambahkan, program ini akan memaksimalkan angkutan dan petugas kebersihan.

"Untuk mengoptimalkan pengangkutan sampah, kami kira peran Camat dan Lurah setempat di masing-masing wilayah diperlukan sehingga mereka juga memiliki kepedulian," ujarnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Karerek 237