Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana Forum Diskusi Grup (FDG) di Ruang Parameswara Pemkot Palembang, Rabu (12/6/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan).

12 Juni 2019 17:04:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menobatkan Kota Palembang sebagai salah satu dalam 10 besar Kota Kreatif di Indonesia. Dengan capaian ini, Pemkot Palembang memasang target menempati posisi keempat sebagai kota terkreatif di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kepala Sub Direktorat Pengembangan Kota Kreatif BEKRAF, Slamet Aji Pamungkas saat menghadiri Pembukaan Focus Group Discussion (FGD) terkait pembahasan program Kabupaten/Kota Kreatif/KaTa BEKRAF Infrasturuktur di Ruang Parameswara Pemkot Palembang, Rabu (12/06/2019).

“Sebelumnya Palembang telah melakukan uji petik sebagai Kota Kreatif dari 55 Kabupaten/Kota di Indonesia dan alhamdulillah Palembang masuk 10 besar di Indonesia dan menargetkan masuk 4 besar,” katanya.

Menurut Slamet, kekayaan alam di Palembang sebenarnya memiliki potensi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi kreatif, hal inilah yang menjadi salah satu indikasi masuknya Palembang di 10 besar kota kreatif bahkan ditargetkan masuk 4 besar.

“Namun yang perlu digarisbawahi, untuk mencapai itu mestinya memiliki implementasi yang jelas, jika masyarakat belum ikut merasakan keberhasilan Palembang berarti itu belum berhasil,” tambahnya.

Ditempat yang sama Walikota Palembang Harnojoyo menambahkan, keberhasilan Palembang menjadi salah satu Kota Kreatif di Indonesia dikarenakan keberadaan kuliner, kerajinan tangan dan fashion yang ditonjolkan oleh Pemerintah Kota.

“Di era digitalisasi saat ini kita juga diberikan kemudahan karena tidak lagi kesulitan untuk mempromosikan berbagai produk-produk dan wisata di Palembang. Selain itu un untuk menunjang sektor ekonomi kreatif, Pemerintah Kota juga memberikan kepada masyarakat berupa workshop dan pinjaman kepada pelaku UKM untuk memajukan ekonomi di Palembang,” pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 201