Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto: Ist)

12 Juni 2019 19:30:06 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel Herman Deru mengajak gubernur di pulau Sumatera khususnya yang masuk dalam wilayah Belajasumba yakni Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumsel dan Bangka Belitung untuk meningkatkan kerjasama di berbagai sektor khususnya pembangun di wilayah sekitar perbatasan provinsi.

Harapan tersebut diungkapkan Herman Deru saat menghadiri pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim di Istana Negara Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Rabu (12/1). 

"Saya sengaja hadir dalam pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung ini. Sebagai salah satu bentuk sukacita serta dalam kerangka merajut tali silahturahmi. Apalagi Sumsel betetangga langsung dengan Provinsi Lampung," ucap Herman Deru.

Sebagai tetangga dekat, Sumsel akan meningkatkan kerjasama di berbagai sektor khususnya di sekitar wilayah perbatasan.

Bukan hanya dengan Provinsi Lampung lanjut Herman Deru, kerjasama yang erat juga harus terjalin dengan provinsi lainnya khususnya yang masuk dalam wilayah Belajasumba yakni Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumsel dan Bangka Belitung.

"Kita akan lakukan sinergi dengan provinsi-provinsi terdekat. Kita ingin membuat kekuatan ekonomi yang mungkin bisa memberikan kebaikan bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia," ujarnya.

Kerjasama yang dapat diperkuat yakni di berbagai bidang seperti pertanian dan pendidikan. Khusus dengan Lampung sekarang sudah terhubung jalan tol ke Palembang. Ini akan memudahkan masyarakat untuk akses jalan perekonomian warga sekitar.

"Bapak Arinal kebetulan sekampung sama ayah saya, ada hubungan yang baik saya dengan beliau secara zohir dan bathin," tandasnya.

Untuk diketahui Arinal dan Chusnunia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 49/P Tahun 2019 Tentang Pengesahan Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa periode 2019-2024. 

Reporter : globalplanet/rel Editor : Zul Mulkan 109