Berita :: GLOBALPLANET.news

Wabup Lahat Haryanto melantik anggota BPD dari 10 desa di Desa Tanjung Tebat, Lahat Selatan, Rabu (12/6). (Foto: Ist)

12 Juni 2019 19:45:42 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan kepala desa merupakan mitra yang harus bekerjasama untuk memajukan desa. BPD berperan untuk mengingatkan kepala desa yang membelot, bukan disalahgunakan untuk menjadi tukang protes.

Wabup Lahat Haryanto mengingatkan agar BPD tidak lagi dicap sebagai tukang protes. Bila kepala desa membelot dari aturan, tentu saja kewenangan BPD untuk mengingatkan.

"BPD itu bukan tukang proses. Kalau kades membelot, diingatkan, bukan dipadukan. Ini banyak dipadukan," tegas Haryanto, usai melantik BPD 10 desa Kecamatan Lahat Selatan, Rabu (12/6).

Setelah dilantik, Haryanto mengimbau seluruh BPD dapat membaca dan memahami tugas dan fungsi, sehingga mengetahui apa yang menjadi tugas BPD. 

"Tapi kades juga harus diawasi. Bekerjasamalah sebagai mitra, tapi berkerjasama yang baik. Bangunla desa lebih baik, untuk kesejahteraan desa masing-masing," harapnya. 

Di sisi lain, Haryanto menginginkan dana desa tidak semata-mata membangun infrastruktur, yang dinilainya sudah berlebihan. "Sudahlah (jangan) bangun jalan setapak terus. Di desa kami, samping, depan, kiri, kanan, sudah jalan setapak semua. Kalau hujan jadi banjir. Coba bangun yang lain, irigasi, kolam ikan. Gunakanlah untuk usaha produktif," tambah Haryanto.

Reporter : Ferry Andhika Editor : Zul Mulkan 189