Berita :: GLOBALPLANET.news

Pembukaan Manasik Haji di Masjid Al-Amir Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Jumat (14/6/2019). Manasik berlangsung dua hari Jumat dan Sabtu, hari ini. (Foto: Adi Irawan)

15 Juni 2019 08:25:00 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Sebanyak 195 calon jamaah haji (CJH) mengikuti manasik di Masjid Al- Amir Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin. Manasik digelar selama dua hari dan dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel HM Alfajri Zabidi, Jumat (14/6/2019).

Kepala Kantor Kemenag Banyuas HM A Muhamad Arkan Nurwahiddin menjelaskan, bahwa bimbingan atau manasik haji dilaksanakan sebanyak 10 kali, diantaranya 2 hari tingkat kabupaten (14-15 Mei) dan 8 kali di Kecamatan dalam ditiga zona, yaitu zona 1 Banyuasin III, zona 2 Kecamatan Betung dan zona 3 Kecamatan Talang Kelapa.

Sementara, Kakanwil Kemenag Sumsek HM Alfajri Zabidi menyampaikan materi Kebijakan Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1440 H di hadapan 195 orang Calon Jamaa'ah Haji (CJH) yang terdiri dari 106 orang CJH Prempuan dan 88 CJH orang laki laki, 1 TPHD.

“Tahun ini ada 4 orang petugas dari kantor kementerian agama Kabupaten Banyuasin mendapat amanah untuk menjadi petugas mengurusi jamaah haji yaitu 1. Drs. H. Iskandar M.Si (PPIH Arab Saudi bertugas di Madinahtul Munawwaroh) 2. Suherna, S.Ag, MM (PPIH Arab Saudi bertugas di Makkah Al Mukaromah) 3. Suaidi, SAg (TPHI)4. Drs. H. Aman Min, S.Ag, MM.(TPIHI),” kata dia.

Bupati Banyuasin H Askolani mengatakan, Ibadah haji tergantung niat, bila sudah ada niat untuk beribadah, Insya Allah diberkahi. Bupati juga mengingatkan jangan sampai terlalu fokus menerima titipan sanak saudara yang minta dielikan ini dan itu, karena haji bukan wisata belanja.

"Untuk menjadi haji mabrur tergantung dari niat kita, akan tetapi bagaimana keseriusan dalam memahami ibadah haji secara optimal yang akan membantu untuk bisa mendapatkan haji mabrur,” kata dia.

Askolani mengucapkan selamat mengikuti manasik haji semoga seluruh rangkaian manasik ini bisa menjadi bekal yang bermanfaat bagi seluruh calon jemaah haji dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk. “Manasik haji di selenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Banyuasin selama dua hari Jumat dan Sabtu,” pungkas dia.

Reporter : Adi Irawan Editor : Zul Mulkan 232