Berita :: GLOBALPLANET.news

Warga menatap puing - puing sisa kebakaran hebat yang menghanguskan belasan rumah di Desa Teluk Kijing, Sungai Lais, Muba Sumsel, Sabtu (15/6). (Foto: Ist)

15 Juni 2019 18:43:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Kebakaran hebat terjadi di Desa Teluk Kijing, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel sekitar pukul 01.30 WIB, Sabtu (15/6/2019). Akibat kebakaran itu, 11 rumah hangus terbakar dan 15 KK dengan total 57 orang terpaksa mengungsi.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran yang diduga dari korsleting atau arus pendek listrik itu, terjadi di salah satu rumah diduga milik keluarga korban Edy Kurniawan (alm), yang saat itu dalan keadaan kosong. Kebakaran menjalar dengan cepat kerumah korban Elpin, Lamudin, Sapran, Alimin, Muni, Koni, Syamsuri, Wani, Solton dan Susi.

Sebelas rumah korban tersebut sebagian besar terbuat dari kayu, sehingga membuat api dengan cepat menjalar kerumah-rumah di sekitarnya. Korban yang sebagian besar terlelap tidur itu langsung berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri saat mengetahui kebakaran terjadi.

Warga sekitar yang juga mengetahui kejadian itu, berbondong-bondong menyelamatkan korban dan berusaha memadamkan kobaran api. Barulah sekitar tiga jam kemudian atau sekitar pukul 04.00 WIB, api berhasil dipadamkan setelah 6 unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Kecamatan Lais, Sekayu serta dari Kabupaten Banyuasin datang membantu.

"Dari kejadian itu tidak ada korban jiwa, lokasi sudah dilakukan olah tempat kejadian perkara dan telah dipasang police line, kita juga telah memeriksa sejumlah saksi," ujar Kapolsek Lais AKP Syafaruddin melalui Kanit Reskrim Ipda Susilo.

Sementara Camat Lais Deni Sukmana, mengatakan, peristiwa kebakaran tidak merenggut korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 5 miliar karena harta benda korban ludes terbakar, seperti elektronik, pakaian hingga sepeda motor.

"Warga dan Tim OPD Muba bersama Forkopimcam gotong-royong menyelematkan sisa-sisa barang yang masih bisa diselamatkan. Untuk para korban, saat ini mengungsi ke rumah kerabat," jelasnya seraya menambahkan sejumlah bantuan berupa makanan dan pakaian juga telah disalurkan kepada para korban.

Terpisah, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan, Tim OPD Pemkab Muba telah turun ke lokasi kebakaran untuk membantu para korban. "TIM OPD terkait baik BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Forkopimcam Kecamatan Lais telah mendirikan posko bersama dan membuka pelayanan kesehatan untuk membantu korban kebakaran," beber dia.

Bukan hanya itu, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini juga memerintahkan Tim Pemkab Muba sesuai tugas pokok masing masing OPD untuk menginventarisir jika memungkinkan lakukan program bedah rumah dan segera tindaklanjut penanganan pasca kebakaran. "Segera tindak lanjut keperluan untuk meringankan beban warga korban kebakaran, berdasarkan SOP bencana yang berlaku," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 167