Berita :: GLOBALPLANET.news

Direktur RSUD PALI dr H Tri Fitrianti. (Foto: Eko Jurianto)

02 Juli 2019 07:51:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel termasuk daerah yang harus mewaspadi berkembangnya penyakit demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, dalam beberapa bulan terakhir terjadi peningkatan kasus DBD hingga 50 persen.

Direktur RSUD PALI dr H Tri Fitrianti membenarkan peningkatan jumlah pasien DBD mencapai 50 persen. "Pada bulan Mei lalu kita mencatat ada sebanyak 12 orang pasien yang didiagnosa terserang DBD, dan pada bulan Juni jumlah pasien meningkat sedikit sebanyak 19 pasien," ujarnya kepada globalplanet.

Menurut dr Fitri, sapaan direktur RSUD, pasien yang ada merupakan imbas dari puncak kasus DBD pada awal tahun 2019, yang terjadi di setiap lima tahun sekali.

"Sebenarnya kasus DBD ini dampak dari kasus tahunan yang puncaknya di awal tahun ini, jumlah pasienpun juga tidak terlalu signifikan seperti pada waktu puncak di bulan Januari hingga Maret lalu," jelas Direktur RSUD PALI dr H Tri Fitrianti

Untuk pasien, dilanjutkannya, tidak sampai dirujuk atau masuk kategori menonjol. Hanya ada satu pasien anak yang dirujuk karena dokter spesialis anak sedang izin.

"Ada satu pasien anak, yang dirujuk itu sebenarnya karena dia pasien BPJS, dokter anak kita lagi izin. Untuk pasien BPJS kalau tidak dipegang dokter spesialis kita tidak dibayar, jadi kita rujuk saja, (tapi) bukan karena penyakitnya yang serius," pungkasnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : Zul Mulkan 166