Berita :: GLOBALPLANET.news

Ratusan pembalap dari berbagai daerah bertarung pada latihan bersama Grasstrack CAT OKU Timur, di Sirkuit Saiyo Sakato, Martapura. (Foto: Dadang Dinata)

06 Juli 2019 13:06:47 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Ratusan pembalap adu nyali pada latihan bersama Grasstrack CAT di Sirkuit Saiyo Sakato Kota Baru Martapura, Kabupaten OKU Timur pada Sabtu (06/07/2019). Para crosser menampilkan keahlian dan kemampuannya masing-masing di hadapan para penonton.

Meskipun kondisi cuaca sangat terik namun tidak menyurutkan masyarakat untuk datang menyaksikan aksi pembalap di sirkuit yang sangat ekstrim tersebut.

Sirkuit memang sengaja disetting sedemikian rupa sehingga menuntut pembalap  benar-benar menunjukkan keahlian dalam memacu sepada motornya. Meskipun ini latihan bersama, namun persaingan terlihat sangat ketat antara pembalap yang berusaha mencapai finish dan menjadi pemenang.

Ketua Panitia lomba Grasstrack Tingkat Sumbagsel, yang dikemas dalam Latihan bersama dan silaturahmi antar pembalap, Moch Sancoko mengatakan, ada delapan kelas yang dimainkan diajang latihan bersama ini, delapan kelas yang dilombakan tersebut yakni Bebek STD/4 T Pemula OKU Timur, FFA Pemula OKU Timur, Bebek ST 2/4 Terbuka Open. Bebek Modif/Campuran Pemula Open, Bebek STD 2 T/Junior open. Bebek Modif/Campuran Junior Open. FFA Senior Open, L2 Super, Exsibisi.

"Kita sangat berterimakasih dengan kepedulian tokoh pemuda OKU Timur Oyong Damiri yang sudah membantu kegiatan ini. Kita pegiat olah raga balap berusaha untuk mandiri dan berprestasi dengan usaha sendiri. Itu yang kami tanamkan dengan anggota kami. Namun olahraga ini juga memerlukan fasilitas dan kegiatan, sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Sebelumnya panitia sudah berusaha menjalin kerja sama dengan instansi pemrintah dan swasta, namun hanya sedikit yang menanggapi. Karena itu panitia melakukan komunikasi dengan Oyong Damiri Foundation dan langsung menyambut baik tawaran kerjasama untuk mengangkat prestasi pemuda OKU Timur, khususnya Grasstrack.

"Terima kasih sekali kepada Oyong Damiri Faoudation, khususnya Bapak Oyong yang berkenan bekerjasama dengan kami. Kami harap bukan hanya kegiatan ini saja, namun dengan kegiatan pemdua di OKU Timur,” tambahnya.

Pembalap yang turun bukan hanya dari OKU Timur, tapi datang dari berbagai daerah diantaranya, OKI, Muaradua OKU Selatan, Lubuk Linggau, Waykanan, Lampung Barat Lampung, Palembang. Panitia menyediakan uang pembinaan dan hadiah Bantuan door prize dari pengusaha asal OKU Timur Oyong Damiri.

“Jika dilihat dari perkembangan saat ini minat pemuda di Bumi Sebiduk Sehaluan dibidang automotif, khususnya diajang prestasi Motor Cross. Dengan kegiatan positif diharapkan bisa menghindarkan pemuda dari pengaruh Narkotika. Kegiatan latihan bersama ini berlangsung dua hari Sabtu 06 hingga Minggu 07 Juli 2019,katanya.

“Pemuda OKU Timur, harus bisa melihatkan kemampuan dan prestasi, demi nama baik daerah, prestasi bisa diraih dengan kerja keras dan keseriusan," terang salah satu tokoh OKU Timur Oyong Damiri.

Lebih lanjut Tokoh OKU Timur yang memiliki prestasi di tingkat nasional ini, menambahkan, grasstrack merupakan salah satu ajang olahraga yang menempa seseorang untuk maju. Olahraga ini membutuhkan berbagai kemampuan dan skill, kebranian, kecerdasan, kesabaran serta kerjasama tim.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 473