Berita :: GLOBALPLANET.news

Personil Basarnas Palembang saat bertugas evakuasi di lkasi kejuaraan MXGP Palembang. (Foto: Ist)

06 Juli 2019 14:16:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palembang menyiagakan sejumlah alat dan personil selama pelaksanaan kejuraan dunia Motocross MXGP Palembang. Personel yang disiagakan merupakan tim evakuasi yang telah mendapatkan pelatihan khusus sesuai standar kejuaraan motocross dunia.

Koordinator Lapangan Tim Evakuasi Medis Basarnas Palembang, Manca Rahwanto mengatakan, ada 35 personil disiagakan di ring pertama MXGP Palembang. 

“Semua personil yang disiagakan telah mendapatkan pelatihan khusus dari federasi medis sebagai bekal utama dalam menjalakan tugas,” ungkapnya kepada Globalplanet.news, Sabtu (6/7/2019).

Dijelaskan Manca, selain personil pihaknya juga telah menyiagakan beberapa alat untuk membantu dalam proses evakuasi bagi para rider yang terjatuh. 

“Kita siaga selama tiga hari yakni 5-7 Juli 2019. Hujan ataupun panas kita wajib siaga saat race berlangsung,” paparnya.

Lanjut Manca, hingga saat ini belum ada rider yang terjatuh. Namun, evakuasi pernah dilakukan saat salah satu rider nasional terjatuh dalam sesi latihan. 

“Belum ada. Hanya ada rider nasional saja yang sempat jatuh dalam sesi latihan. Kita telah memberikan bantuan dan evakuasi kepada yang bersangkutan,” tegasnya.

Ditambahkannya, beberapa alat yang dikerahkan guna mendukung kegiatan MXGP yakni 1 unit mobil ATV, 2 unit mobil Amphibius, 1 unit motor ATV Pantai serta peralatan medis dan evakuasi. 

Reporter : globalplanet Editor : Karerek 317