Berita :: GLOBALPLANET.news

Pardiansyah bersama ular Phyton peliharaannya, Minggu (7/7/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

07 Juli 2019 17:36:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Bagi pecinta hewan, memelihara hewan sangat menyenangkan. Reptil seperti ular yang dinilai sebagai hewan berbahaya karena bisa mengancam keselamatan pun menjadi teman bermain.

Banyak orang yang melihat ular hewan yang menjijikkan sekaligus menyeramkan dan buas. Namun tentu saja hal tersebut tak berlaku bagi pecinta reptil, salah satunya Pardiansyah Ramli dari Komunitas Sumsel Reptil.

Ia terlihat sama sekali tidak takut dengan ular, bahkan justru nampak bersahabat dengan ular peliharaannya. Diketahui, Pardiansyah memelihara ular yang kebanyakan adalah yang tak berbisa.

Pria yang juga merupakan pembina komunitas tersebut menjelaskan, sebenarnya merawat ular sebenarnya tak sulit asalkan penempatan kandang dilakukan secara tepat.

"Jika ingin memelihara ular yang ditemukan di alam, harus kita karantina dulu selama 3-5 hari dengan diletakkan di dalam kandang dibuat sesuai ukuran dan nyaman. Kandang harus dibuat lembab atau masukkan air kedalamnya, karena ular tak suka tempat yang panas, dan beri makan satu kali saja," tutur Pardi ketika dijumpai pada perayaan ulang tahun ke-4 komunitasnya, Minggu (7/7/2019).

Setelah dikarantina, ular sudah boleh diajak berinteraksi dengan membelainya dari bawah. Hal tersebut bertujuan agar ular tidak merasa takut. "Jika dirasa sudah jinak, maka ular sudah tidak merasa terancam jika kita pegang," kata dia.

Sebagai pecinta reptil ia juga memelihara sekitar 20 ekor reptil di rumahnya mulai dari ular, biawak, dan gecko.

Meski jinak, dikatakannya ular akan tetap menyerang jika manusia menganggunya dan salah cara mengangkatnya. Cara mengangkatnya pun tidak boleh dari depan kepala, karena bisa saja ular menganggap tangan manusia sebagai musuh atau mangsanya.

"Ular akan menyerang jika merasa terancam terutama ketika ia berganti kulit. Jadi selama ia ganti kulit jangan diajak interaksi dulu, setelah ganti kulit kasih ular makan," jelasnya.

Masih kata dia untuk makannya, ular yang masih berukuran satu meter cukup dikasih makan satu ekor tikus dan ia akan kenyang selama satu minggu. Sementara untuk yang sudah berukuran 4 meter diberi makan 3 minggu satu kali dengan 2 ekor ayam.

"Kesulitannya hanya makanan, karena  harus beli. Bahkan ada satu jenis ular yakni corn snake yang masih bayi harus diberi makan bayi tikus yang masih merah," pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 672