Berita :: GLOBALPLANET.news

Dua dari empat napi kabur dari Rutan Klas IA Pakjo Palembang ditangkap. Salah satunya disebutkan sebagai otak perencana pelarian ini. (Ilustrasi: Ist)

08 Juli 2019 14:43:00 WIB

PALEMBANG GLOBALPLANET - Dua dari empat narapidana kasus narkoba yang kabur dari Lapas Pakjo, Palembang, kembali ditangkap. Dua tahanan tersebut kini masih menjalani pemeriksaan terkait keberadaan tahanan lain.

"Dua narapidana yang kabur kemarin dari Lapas Pakjo sudah diamankan. Ada satu ditangkap dan satu lagi menyerahkan diri diantar keluarganya," kata Kalapas Pakjo, Mardan saat dimintai dikonfirmasi, Senin (8/7/2019).

Adapun tahanan yang ditangkap adalah David, dia ditangkap di daerah Kertapati, Palembang Sabtu (6/7) malam. Sementara tahanan lain, Syarif disebut menyerahkan diri dan diantar keluarganya. "David ini otak pelakunya. Dia ditangkap Unit Ranmor Polresta dan Syarif setelah kami mediasi ke keluarga, akhirnya mau menyerahkan diri," imbuh Mardan.

Kepada petugas, Syarif mengaku kabur dari Lapas Pakjo Pukul 04.00 WIB. Saat itu dirinya mengaku kabur bersama tiga narapidana lain.

Terkait bagaimana cara tahanan kabur dan dari mana gergaji besi itu didapat, kini masih dalam pemeriksaan intensif. Termasuk pemeriksaan terkait di mana dua tahanan lainnya yang kabur. "Ini masih diperiksa intensif. Gergaji dia dapat dari mana, alat yang dipakai apa saja dan di mana narapidana lain masih didalami," katanya.

Untuk diketahui, empat tahanan kabur di Lapas Pakjo baru diketahui, Jumat (5/7) sekitar Pukul 06.30 WIB. Tahanan kabur setelah memotong terali dan naik pagar setinggi 8 meter menggunakan kain. Keempat napi yang kabur disebutkan napi kasus narkoba yang telah divonis dan akan menjalani tuntutan berikutnya yakni tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 107