Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI Junaidi Anuar SE MSi. (Foto: Eko Jurianto)

09 Juli 2019 15:07:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Kebakaran hutan sudah terjadi Provinsi Sumsel. Sedikitnya 42 titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terpantau Kabupaten PALI. Terbanyak terpantau oleh hot spot di Kecamatan Abah.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI Junaidi Anuar SE MSi mengatakan, pihaknya sudah meninjau langsung lokasi dan kebakaran tersebut kebanyakan karena masyarakat membuka lahan untuk perkebunan. “Informasi di 42 titik sudah didapati ulah masyarakat membuka lahan dengan membakar," ujarnya, Selasa (9/7/2019).

Menurutnya Ia, sudah melakukan tindakan pencegahan dengan sosialisasi agar  masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Ia menambahkan, jika masih ada perbuatan tersebut jelas melanggar undang-undang dan perbuatan tersebut adalah pidana. Dalam hal ini tentunya pihak kepolisian yang akan mengusut sejauh mana pelanggaran tersebut atau pidana yang dilakukan. "Kewenangan dari pihak kepolisian, sejauh ini belum ada laporan tentang Karhutlah dari pihak kepolisian,” katanya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : Zul Mulkan 66