Berita :: GLOBALPLANET.news

Meilinda Suriani Harefa (kiri), Dosen Universitas Negeri Medan atas prestasinya meraih penghargaaan Kalpataru. (Foto: Hendrik)

09 Juli 2019 16:43:07 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Meilinda Suriani Harefa layak menjadi dosen atau staf pengajar yang bisa diteladani oleh para kolega atau mahasiswa, baik di Universitas Negeri Medan (Unimed) atau kampus lainnya.

Dosen Unimed ini meraih Kalpataru atas kepeduliannya terhadap lingkungan, terutama perawatan pengembangan kawasan hutan bakau atau mangrove.

Kepada para wartawan di Medan, Sumut, Selasa (9/7/2019), Meilinda mengaku mendapat dukungan yang cukup baik dari Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu), Unimed yang menjadi tempatnya bekerja sebagai dosen di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, serta Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu), NGO yang bekerja untuk perlindungan dan restorasi mangrove.

“Untuk Sumut kita ada tiga calon, dan yang ditetapkan satu penerima. Penghargaan ini kita terima atas kegiatan pendampingan restorasi hutan mengrove, pembinaan dan pendampingan terhadap kelompok petambak ramah lingkungan, pengembangan eko wiasta  di Lubuk Kertang Langkat dan Belawan Sicanang,” jelas Meilinda.

Atas apresiasi itu, Meilinda pun menayampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Unimed, Pemprov Sumut dan NGO Yagasu. Dirinya pun berkomitmen akan terus menjaga nama baik Sumut terutama para pejuang lingkungan yang peduli terhadap kondisi alam, khususnya hutan mangrove.

“Hasilnya sudah mulai dapat kita lihat. Mulai dari kemanfaatan hutan mangrove untuk masyarakat, perbaikan ekosistem mangrove, hingga perbaikan biota laut. Sekarang kita sudah bisa lihat lumba-lumba (dolpin) mulai muncul dari Belawan sampai ke Jaring Halus. Tentu ini butuh proses dan dukungan masyarakat,” pungkasnya. 

Meilinda menyebutkan, sehari sebelumnya, Senin (8/7/2019), ia diterima dengan baik oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Hj Sabrina yang mengapresiasi perolehan anugerah penghargaan Kalpataru 2019 kategori Pengabdi Lingkungan atas nama Meilinda Suriani Harefa. 

Kata Meilinda, Sekdaprov Hj Sabrina dalam pertemuan itu berharap Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota (Pemkab/Pemko) bisa memberikan motivasi agar masyarakat yang peduli lingkungan semakin banyak.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 66