Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi. (Foto: Ist)

11 Juli 2019 07:00:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dua dari Empat Napi Rutan Pakjo Palembang yang berhasil melarikan diri sudah tertangkap kembali. Terungkap bahwa kaburnya napi ini dibantu oleh seorang perempuan yakni Kekasih napi David. Meski sudah menangkap kekasih David, Kanwil Kemenkumham akan mendalami apakah ada anggota yang terlibat dalam hal tersebut.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Sudirman D Hury menyebut dari hasil pemeriksaan terhadap David Haryono dan Syarif Hidayat dua narapidana Rutan Klas I Palembang yang kabur Jumat (5/7/2019) lalu.

Diketahui empat narapidana yang berhasil kabur setelah dibantu pacar David dengan menyelundupkan gergaji besi yang dibawa ke Rutan Pakjo yang disimpan di pakaian dalam.

“Dari hasil pemeriksaan dua napi berhasil ditangkap kembali dan 15 petugas jaga sudah diketahui benang merah nya ternyata mereka kabur dibantu pacar David dengan menyelundupkan gergaji besi yang disimpan di pakaian dalamnya saat membesuk David,” kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Sudirman D Hury saat di konfirmasi Rabu malam (10/7/2019).

Sekitar tiga atau empat hari memotong terali ventilasi sehingga keempatnya bisa kabur setelah teralis terpotong. Untuk kedua napi Subhan dan Ferry yang belum tertangkap keberadaan sudah terdeteksi oleh anggota.

“Sampai saat ini Kanwil Kemenkumham terus mendalami apakah ada keterlibatan petugas jaga saat keempat napi tersebut kabur,” katanya.

Dengan adanya napi kabur, Kanwil Kemenkumham akan lebih intensif melakukan pengawasan melalui Kadiv Pemasyarakatan termasuk memindahkan David dan Syarif ke Lapas Klas I.“Saat sudah kami peta kan untuk memindahkan 100 narapidana ke Lapas Serong dan Lapas Merah Mata,”tutupnya.

Reporter : Rio Siregar Editor : M.Rohali 140