Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolres OKU Timur memberikan penghargaan kepada Brigpol Erwinsyah yang dapat menggunakan cuka makan untuk mendukung proses identifikasi. (Foto: Dadang Dinata)

11 Juli 2019 09:50:07 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Dalam rangka dirgahayu ke-73 Bhayangkara 2019 Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya memberikan penghargaan kepada anggota Polres OKU Timur yang berprestasi. Salah satunya penghargaan diberikan kepada anggota Unit Identifikasi, Brigpol Erwinsyah.

Erwin menerima penghargaan terhadap kinerja dan dedikasi yang baik dalam upaya penanganan olah TKP berupa inovasi dan kreasi dalam pengembangan barang bukti yang didapat pada saat di TKP. 

Inovasi dan kreasi tersebut pada saat penemuan mayat tanpa identitas yang sudah rusak dan sulit diidentifikasi pada 8 Desember 2018. Menghadapi kendala itu, Brigpol Erwinsyah menggunakan cuka makan sebagai metode pengembangan untuk mengetahui sidik jari mayat yang rusak.

"Cuka makan tersebut bisa mengembangkan  bakso dan daging sapi sebelum dimasak, sehingga bisa juga untuk mengembangkan kulit sidik jari mayat yang sudah rusak garis papilernya," Kapolres didampingi Brigpol Erwinsyah.

Atas kreasi dan inovasi metode cuka makan tersebut identitas korban dapat teridentifikasi dan proses pencarian terhadap pelaku pembunuhan dapat terungkap. Keberhasilan mengungkap kasus ini  merupakan keberhasilan tugas dan juga merupakan panggilan kemanusiaan, yang mana bisa menemukan Identitas mayat sehingga bisa diketahui dan dikuburkan dengan layak oleh keluarga korban.

 

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 4601