Berita :: GLOBALPLANET.news

Pegawai Dinas Perikanan Muba saat memberikan materi dalam pelatihan budidaya ikan lele di Balai Kelurahan Soak Baru yang diikuti 50 anggota Kelompok Masyarakat Soak Baru Jaya. (Foto: Amarullah Diansyah)

11 Juli 2019 11:31:05 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Pemanfaatan dana kelurahan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang baru diterima untuk pertama kalinya pada 2019, dimanfaatkan Pemerintah Kelurahan dengan berbagai program, mulai dari kegiatan fisik hingga non fisik.

Salah satunya Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu yang memanfaatkan dana yang bersumber dari APBN itu dengan melakukan budidaya ikan lele yang dilakukan oleh Kelompok Masyarakat Soak Baru Jaya.

"Ya, untuk kegiatan non fisik kita lakukan budidaya ikan lele. Ini hasil dari musyawarah dengan masyarakat di Kelurahan kita," ujar Lurah Soak Baru Kecamatan Sekayu, Bastari, saat dibicangi di sela-sela pelatihan budidaya ikan lele, Kamis (11/7/2019).

Sebelum dilakukan budidaya ikan lele ini, sambung Bastari, 50 anggota terlebih dahulu diberikan pelatihan secara langsung oleh Dinas Perikanan Muba. Mulai dari cara persiapan kolam, persiapan benih, manajemen pakan, manajemen air, panen, hingga analisis usaha.

Dengan harapan budidaya ikan ini dapat berhasil dan menjadi berkelanjutan, sehingga dapat menjadi sumber penghasilan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Tempat budidaya ini di 17 RT menggunakan kolan terpal, setiap RT dua orang pengelola yang telah terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT)," jelas dia.

Sementara, Sekretaris Camat Sekayu, Feri Susilo, mengatakan, budidaya lele ini sangat baik, karena ikan lele saat ini telah menjadi konsumsi unggulan, sehingga pemasarannya cukup mudah dan sangat potensial.

"Potensi ini harus dikembangkan guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Pelatihan budidaya ikan lele ini awal yang baik agar anggota kelompok mendapatkan ilmu pengetahuan yang cukup, mulai dari awal budidaya hingga pemasaran," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 94