Berita :: GLOBALPLANET.news

Tim Penanggulangan Produksi Sapi Disnakan OKU Timur melakukan upaya pendampingan terhadap peternak. (Foto: Dadang Dinata)

11 Juli 2019 18:38:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) OKU Timur gencar meningkatkan produktivitas peternakan, salah satunya dengan menerjunkan tim penanggulangan produksi sapi. Tim ini terdiri dari dokter hewan dan petugas yang menangani reproduksi.

Kepala Disnakan OKU Timur Kanjeng Tubagus Sunarseno mengatakan dinas yang dipimpinnya sedang menerjunkan tim penanggulangan produksi kepada sapi, dengan tujuan meningkatkan produksi dalam bidang peternakan sapi. "Kita turunkan tim empat dokter hewan, petugas menangani reproduksi, dan petugas kebuntingan sebanyak 22 orang," ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Petugas yang diterjunkan bekerja sesuai dengan usulan dari setiap UPTD masing-masing kecamatan, yang lebih mengetahui kondisi daerahnya tentang perkembangan kondisi peternakan.

Dia menjelaskan, gangguan reproduksi bisa dicirikan, diantaranya sapi saat birahi tapi tidak kawin dan meskipun bunting tidak bisa beranak. Kondisi ini jika tidak segera ditangani akan merugikan peternak. Selain itu, pola makan juga jangan sampai terganggu, dan harus diperhatikan kualitasya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 626