Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Dinas DPMPTSP OKU Timur, Sonpiani SE, M.M. (Foto: Dadang Dinata)

23 Juli 2019 13:35:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Kepala Bidang Pengendalian Pelaksanaan,Pengolahan Data dan Informasi Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) OKU Timur, A Rahmat mengingatkan kepada investor di Kabupaten OKU Timur untuk menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

“Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) merupakan salah satu kewajiban investor yang tercantum tidak hanya pada Undang-Undang Penanaman Modal Nomor 25 Tahun 2007 Pasal 15 tetapi juga pada Peraturan Kepala BKPM Nomor 14 Tahun 2017 Pasal 7 (c),” kata A Rahmat, Selasa (23/7/2019).

Lanjutnya, bahwa LKPM merupakan laporan tentang perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi Penanam Modal yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala. “Tujuan LKPM itu untuk memantau realisasi investasi dan produksi,” uajarnya.

Dengan adanya LKPM, perkembangan realisasi investasi dapat diketahui per sektor dan lokasi secara berkala, perkembangan penyerapan tenaga kerja permasalahan yang dihadapi penanam modal, dan salah satu sumber informasi yang dipertimbangkan dalam penetapan kebijakan.

"Fungsi LKPM supaya kita tahu potensi daerah kita, dan untuk di OKU Timur jika ada yang belum membuat LKPM selalu kita pantau, kita berikan teguran karena LKPM ini penting dalam kegiatan penanaman modal," imbuhnya.

Kepala Dinas DPMPTSP OKU Timur, Sonpiani SE, M.M mengimbau kepada seluruh pengusaha yang ada di Bumi Sehaluan, agar LKPM harus dibuat dan jangan lupa untuk perusahaan yang baru berjalan agar melengkapi prosedur kegiatan penanaman modal.

"Saya mengimbau untuk seluruh pelaku usaha agar membuat LKPM secara berkala selama tiga bulan sekali, karena LKPM ini sudah peraturan dari pemerintah," terangnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 103