Berita :: GLOBALPLANET.news

Susiswo alias Ting (tengah) hanya bisa pasrah ditangkap karena maling motor. (Foto: Ist)

10 Agustus 2019 10:36:55 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Selain harus merayakan Idul Adha di dalam tahanan, Susiswo alias Ting (31) juga harus menahan sakit. Warga Dusun V Desa Tebat Jaya, Buay Madang, OKU Timur, Sumsel ini ditembak di bagian paha karena kabur dari tangkapan petugas.

Ting adalah DPO kasus pencurian dengan pemberatan (Curat). Ting ditembak dan ditangkap Jumat (9/8/2019) di tempatnya sembunyi dan bekerja sebagai kuli bangunan di Desa Merbau, Banding Agung, OKU Selatan.

DPO ini ditangkap anggota Unit Reskrim Polsek Buay Madang dipimpin langsung Kapolsek Buay Madang AKP Biladi Ostin dan Kanit Reskrim Ipda Azman.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya melalui Kapolsek Buay Madang AKP Biladi Ostin mengatakan, di tempat persembunyiannya pelaku berkerja sebagai kuli bangunan. Bahkan ketika akan dibekuk pelaku sedang berkerja membuat saluran air. Tim langsung menyergap namun pelaku berusaha melarikan diri.  

"Diberi tembakan peringatan sebanyak tiga kali tapi tidak diindahkan oleh pelaku lantas diberikan tindakan tegas terukur dengan tembakan kearah kaki. Setelah peluru bersarang di paha kaki sebelah kanannya pelaku baru menyerahkan diri," ujarnya, Sabtu (9/8/2019).

Pelaku diringkus berdasarkan Laporan Polisi nomor : Lp.B / 07 /  VII / 2019 /   Sumsel /  OKUT/Sek BMD  tanggal 20 Juli  2019 dan Laporan Polisi  No.Pol  LP.B/08 /VII/2019/Sumsel   /OKUT/Sek Bmd tgl 25 Juli 2019.

"Pelaku Ting terlibat aksi Curat terhadap korban Imam Supingi (48) warga Dusun V Desa Tebat Jaya Kecamatan Buay Madang,  OKU Timur. Aksi Curat itu terjadi pada Jumat 10 Mei 2019 sekitar pukul 20.30 Wib di rumah korban," jelasnya.

Dalam melancarkan aksi kriminalitas pelaku Ting masuk rumah korban dengan cara memanjat pagar tembok belakang rumah korban yang tingginya lebih kurang tiga meter. Kemudian setelah berada di dalam pekarangan pelaku membuka Kunci grendel pintu pagar belakang.

"Setelah itu pelaku langsung mengambil sepeda motor milik korban dengn cara menuntun sepeda motor tersebut sampai keluar pagar dan kemudian membawanya yang mana kuncinya masih tergantung pada sepeda motor tersebut," ungkapnya.

Ketika kejadian korban sedang melakukan sholat Tarawih di Mesjid Dusun V Desa Tebat Jaya. Ketika pulang kaget melihat pintu pagar terbuka dan sepeda motor  kemudian setelah pulang kerumah korban kaget melihat Vega R 110 Nopol  BG4962 YEI warna hitam miliknya sudah hilang. "Pelaku sudah masuk dalam DPO kita, ketika akan kita ringkus pelaku berusaha lari," tegasnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 276