Berita :: GLOBALPLANET.news

Gubernur Sumsel Herman Deru. (Foto: Ist)

11 Agustus 2019 06:13:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel Herman Deru membuktikan keseriusannya dalam membatasi atau setidaknya mengurangi penggunaan kantong plastik. Menghadapi Hari Raya Idul Adha ini, Herman Deru mengeluarkan imbuan kepada warga untuk berkurban sambil menjaga kelestarian lingkungan.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mengajak warga, panitia kurban dan seluruh pihak yang terlibat untuk tidak menggunakan kantong plastic untuk membungkus daging kurban yang akan dibagikan. Kepada warga penerima juga diimbau membawa wadah sendiri dari rumah atau menggunakan alternatif wadah lain yang lebih ramah lingkungan. 

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran no 049/SE/DLHP/2019 tanggal 9 Agustus 2019 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah. “Mengimbau dan mengajak panitia pembagian daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastic dan atau mengimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk pembagian daging kurban,” bunyi surat tersebut.

Menurut surat tersebut, selain diimbau membawa wadah sendiri, warga juga diharapkan lebih peduli dengan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Untuk itu, selain panitia kurban juga diharapkan ada panitia khusus untuk mengumpulkan dan membawa sampah dari lokasi solah Idul Adha dan pemotongan hewan kurban ke tempat pembuangan sampah. “Hal ini sekaligus sebagai edukasi publik agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan,” kata Deru dalam surat edarannya. 

Surat edaran serupa juga dikeluarkan Wali Kota Palembang Harnojoyo. Wali kota yang dikenal dengan program gotong rotong dan subuh berjamaah ini mengeluarkan imbauan untuk mengurangi atau membatasi penggunaan kantong plastik.

Karena itu, warga termasuk panitia kurban diharapkan dapat mengikuti imbauan para kepala daerah ini selain untuk pelestarian lingkungan juga untuk kesehatan.

 

Pemprov Sebar Hewan Kurban

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kurban 12 ekor sapi pada Idul Adha tahun ini. Jumlah kurban sapi ini belum termasuk kepala-kepala di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumsel.

Hewan kurban tersebut disebar ke sejumlah masjid di Kota Palembang. Menurit dia, di antaranya Masjid Agung Palembang dan Masjid Taqwa. Sapi kurban Gubernur Sumsel di Masjid agung beratnya mencapai 1,1 ton yakni sapi jenis Brahma.

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 235