Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto: Ist)

12 Agustus 2019 13:01:15 WIB

SUKABUMI, GLOBALPLANET - Sebuah ledakan yang diduga berasal dari bahan peledak di area tambang milik perusahaan semen merusak puluhan rumah warga. Aparat kepolisian telah melakukan penyelidikan terhadap ledakan yang mengakibatkan rusaknya sejumlah rumah warga ini.

Ledakan ini terjadi di Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah, Sukabumi. Satreskrim Polres Sukabumi melakukan penyelidikan penyebab ledakan yang diduga berasal dari bahan peledak milik sebuah perusahaan di kawasan Karst, Gunung Guha.

Menurut Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, peledakan yang dilakukan perusahaan semen tersebut menimbulkan getaran hingga merusak rumah-rumah warga yang tinggal di sekitar area tambang.

"Menurut warga ledakan mengakibatkan rumah-rumah retak dan sumber air kering," kata Nasriadi, Senin (12/8/2019).

Terkait keluhan warga, Polres Sukabumi pun telah melakukan pengecekan langsung ke lokasi tambang yang berada di area PT Semen Jawa, Siam Cement Grup (SCG). Kemudian, hari ini polisi akan melakukan uji ledakan.

"Kita akan lakukan uji ledakan. Seluruh bahan yang digunakan, lokasi dan kedalaman harus sama agar tim yang kita sertakan dalam pengecekan ini bisa merasakan langsung dampak dari ledakan tersebut," katanya. (Inilah.com)

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 97