Berita :: GLOBALPLANET.news

Pelantikan 45 anggota DPRD OKU Timur 2019-2024 pada Senin (19/08/2019) diwarnai aksi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HMI Cabang OKU Timur. (Foto: Dadang Dinata)

19 Agustus 2019 13:15:07 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Pelantikan 45 anggota DPRD OKU Timur 2019-2024 pada Senin (19/08/2019) diwarnai aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HMI Cabang OKU Timur. Mahasiswa menutut agar anggota legeslatif yang baru dilantik untuk ingat dengan janji-janji politik.

Ketua Umum HMI Cabang OKU Timur Mulyono, mengatakan, DPR lembaga negara yang diisi oleh orang-orang yang dipilih langsung oleh rakyat. keberadaan DPR berfungsi sebagai, legislasi maupun membuat undang-undaug, fungsi controling, DPR sebagai lembaga pengawas undang-undang yang telah disahkan, lalu fungsi budgeting lembaga DPR sebagai pengmggaran.

Sebagai lembaga penyelenggara negara, DPR mempunyai peran panting dalam menjalankan keberlanngsungan negara demokrasi, sehingga maksud dari lemhaga DPR itu beperan sebagai check and balance dalam pemerintahan dengan demikian tidak akan terjadi sentralisasi kekuasaan di eksekutif saja, namun akan terkomrol oleh lembaga negara lainnya DPR.

DPR sebagai lembaga legislatif, sebagai penampung dan penyalur aspirasi dan kepentingan rakyat sama halnya DPRD OKU Timur yang dipilih dengan demokrasi dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat dalam kurun lima tahun.

Sehingga momentum pelantikan DPRD OKU Timur yang akan mengemban amanah lima tahun kedepan sehingga HMI Cabang OKU Timur melakukan aksi damai dalam rangka mengingatkan janji-janji politik anggota DPRD OKU Timur yang akan dilantik pada Senin (I9/08/2019)

Tuntutan pengunjukrasa, menjalankan fungsi DPR dengan sebenar-benarnya (Legislasi, budgeting). Menolak segala bentuk tindak korupsi dan penyalahgunaan jabatan. Meningkatkan pengawasan pembangunan dan pelayanan publik. Mendorong meningkatnya PAD. Menurunkan angka kriminalitas dengan cara membentuk Perda larangan Orgen Tunggal (OT) pada malam hari,katanya.

"Kita mengingatkan anggota DPRD yang baru dilantik jangan sampai lupa dengan janji-janji politik,"ungkapnya.

Sementara Pimpinan Sementara DPRD OKU Timur H Beni Defitson SIP, MM saat menemui pengunjukrasa, mengungkapkan, pimpinan saat ini hanya pimpinan sementara. Permasalahan Pemkab OKU Timur beban kerja yang berat yang tidak sesuai dengan kondisi anggaran. Mengubah situasi itu tidak segampang membalik telapak tangan. Ekonomi OKU Timur masih tergantung dengan perkebunan dan pertanian.

"Mari kita bersama-sama mengawal dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di tempat kita," terangnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 1012