Berita :: GLOBALPLANET.news

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Prakasa berjalan di tengah para anggota TNI di selah latihan Tempur di Martapura, OKU Timur, Senin (19/8/2019). (Foto: Ist)

19 Agustus 2019 20:32:40 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Prakasa menyaksikan langsung puncak Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD “Kartika Yudha 2019” di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Martapura - Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (19/8/2019).

Panglima TNI dan Kasad didampingi Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, Irjenad, para Asisten Kasad, para Pangkotama, para Kabalakpus serta pejabat TNI AD lainnya.

Latancab “Kartiaka Yudha 2019” bertujuan meningkatkan profesionalisme tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerja sama antarsatuan/kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran.

Sekitar 2.900 prajurit dari Brigif Para Raider -17/Kostrad dan perkuatannya terlibat dalam latihan dengan sekitar 400 pelatih dan 1.400 pendukung latihan yang merupakan bagian dari Divisi Infanteri (Divif) 1/Kostrad.

Berbagai Alutsista terbaru dan canggih dikerahkan dalam Latancab TNI AD 2019, antara lain 8 unit Ranpur Leopard 2RI, tank Marder dan ARV dari kesenjataan Kavaleri, Roket Astros dan Meriam 155 dari kecabangan Armed, Heli Apache AH-64E, Heli serang BO 105 dan Heli serang AS 550 Fennec dari kecabangan Penerbad serta ATGM Jevelin dan Nlaw dari kecabangan Infanteri serta berbagai jenis Alutsista lainnya.

Selain menyaksikan puncak Latancab 2019 dan memberikan pengarahan kepada seluruh penyelenggara, pendukung dan pelaku, Panglima TNI berkesempatan menjajal kecanggihan tembakan senjata Leopard 2RI, yang merupakan salah satu tank tercanggih milik Kavaleri TNI AD.

Reporter : Hardoko Susanto/rel Editor : Zul Mulkan 274