Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat, H Octap Riady SH (kiri) saat memberikan piagam kepada salah satu peserta UKW di Lahat, Sumsel Kamis (22/8/2019). (Foto: Ferry Andhika)

22 Agustus 2019 16:13:20 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sebanyak 30 wartawan turut serta dalam kegiatan yang dipusatkan di Hotel Calista Lahat, Rabu dan Kamis (21-22/8/2019).

Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, PWI Pusat, H Octap Riady SH mengatakan, pelaksanaan UKW bagi wartawan, turut mendorong seorang wartawan menjadi lebih baik. Ia berharap, UKW dapat terus dilaksanakan.

"Dengan UKW akan memperbaiki yang kurang baik, menjadikan yang baik menjadi lebih baik," ujarnya sebelum menutup UKW ke 25, yang dilaksanakan PWI Provinsi Sumsel melalui PWI Kabupaten Lahat, Kamis (22/8).

Kemudian, kata mantan Ketua PWI Sumsel dua periode ini, wartawan media cetak maupun elektronik yang telah mengikuti UKW, dituntut untuk profesional dalam melaksanakan tugas sebagai seorang jurnalistik. 

"Bekerja profesional dalam bertugas sebagai seorang jurnalistik. UKW ini juga jadi ajang berbagi ilmu dan mendapatkam ilmu," ungkapnya. 

Sementara, Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar mengapresiasi pengurus PWI Kabupaten Lahat yang telah berhasil menggelar UKW pertamanya. Ia mengingatkan, selain memiliki pengetahuan dan skil, wartawan juga harus memiliki kesadaran dan pemahaman terhadap etika dan kode etik jurnalistik hukum pers sesuai yang berkaitan dengan UKW.

"Jadila wartawan 100 persen. Agar tidak ada celah orang mengatakan kita (wartawan tidak profesional)," sampainya.

Reporter : Ferry Andhika Editor : Zul Mulkan 97