Berita :: GLOBALPLANET.news

Kadisdik OKI, M. Amin, S.Pd, MM, Kabag Ops Polres OKI, Kompol Yudha, Sekretaris Forum Millenial Sriwijaya, Ahmad Syaifudin dan siswa - siswi peserta pelatihan, melakukan foto bersama di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten OKI, Senin (26/8/2019). (Foto: Eko Saputra)

26 Agustus 2019 17:51:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Sejumlah siswa dan mahasiswa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti pelatihan menulis esai di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten OKI, Senin (26/8/2019).

Pelatihan yang diprakarsai oleh Forum Sriwijaya Millenial ini mengambil tema Millenial Bersinergi, Millenial bersama Polri menjaga negeri. 

"Jadi kita pada pelatihan ini sengaja mengundang peserta anak-anak muda atau dalam istilah kerennya millenial," ungkap sekretaris Forum Millenial Sriwijaya, Ahmad Syaifudin, ketika diwawancara wartawan di sela-sela kegiatan.

Dijelaskannya, pemilihan peserta dari komunitas millenial ini lantaran para anak-anak muda ini merupakan pilar-pilar yang akan meneruskan pembangunan negeri. Melalui kegiatan ini, dirinya berharap agar aktivitas dari pemuda di OKI bisa tersalurkan kepada hal yang positif.

"Mereka (peserta) diajarkan bagaimana menulis esai oleh pemateri dari Balai Bahasa Sumsel dan ada juga dari dosen UIN Raden Fatah Palembang," katanya.

Tak hanya sebatas pelatihan, hasil yang didapat oleh para peserta ini juga akan diimplementasikan dalam sebuah tulisan esai yang nanti akan diperlombakan antar peserta. Lebih lanjut, esai-esai ini akan dikumpulkan menjadi sebuah buku yang rencananya nanti akan dilaunching dan akan dipamerkan saat HUT OKI. "Jadi itu harapannya," ujarnya.

Pelatihan seperti ini, menurut pria yang akrab disapa Asep ini mengatakan, rencananya akan dilaksanakan juga di daerahnya lain dengan puncak kegiatan akan digelar pada saat peringatan hari Sumpah Pemuda, pada bulan Oktober 2019 mendatang.

"Kegiatan ini telah kita gelar dibeberapa kabupaten dan puncak kegiatan rencananya akan kita gelar di Palembang, bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda pada bulan Oktober 2019 mendatang," jelasnya.

Menanggapi kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKI, Muhammad Amin, S.Pd, MM, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya menilai kegiatan seperti ini sangat positif dan bisa menghindarkan anak-anak muda dari kegiatan negatif.

"Ini sangat bermanfaat, mereka diajarkan menulis. Kalau bisa ke depan sasaran lebih banyak dengan ruang lingkup peserta yang lebih besar," harapnya.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 395