Berita :: GLOBALPLANET.news

05 September 2019 10:25:25 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kabut asap diduga dari sisa kebakaran hutan dan lahan mulai menyelimuti Kota Palembang dan sekitarnya. Bahkan, jarak pandang mulai terganggu dan bau asap menyengat hidung terutama dini hingga pagi hari serta sore hari.

Dari pantauan globalplanet.news, kabut asap kini mulai menyelimuti Kota Palembang, dan Kayuagung, Ogan Komering Ilir. Bahkan kabut asap hari ini lebih tebal dan aroma asap cukup menyengat.

Untuk di Palembang, kabut asap terasa dan terlihat di beberapa titik di Seberang Ilir dan Ulu. Sementara di Ogan Komering Ilir, kabut asap terlihat cukup tebal dan jalan raya juga diselimuti kabut asap.

"Iya pagi ini terasa udara bau asap. Asap juga tebal," kata seorang warga, Herman, saat ditemui di daerah Pakri Palembang, Kamis (5/9/2019).

Asap tebal, lanjut Herman, terlihat mulai malam tadi hingga pagi ini. Bahkan dari beberapa lokasi, kabut asap terlihat tebal dan bau cukup meyengat, terutama saat melintas di Jembatan Musi IV.

"Kalau di daerah Ulu tadi saya antar anak sekolah lebih tebal. Tadi malam juga kan memang sudah bau sekali asapnya. Tadi di Musi IV juga jelas asap tebal," katanya.

Sementara Kabag Humas Pemkab Ogan Komering Ilir, Adi Yanto menyebut kabut asap hari ini memang cukup terasa. Dia pun menyebut kabut asap hari ini paling tebal dari hari biasanya.

"Tebal sebenarnya tidak, tapi ini memang lebih tebal dari hari sebelumnya. Ini juga terasa bau asap dan mudah-mudahan di siang nanti sudah berkurang," terang Adi.

Adi mengaku belum tahu dari mana asal kabut asap tersebut meskipun beberapa daerah di Ogan Komering Ilir masih ada yang terbakar. Sebab, katanya, kebakaran di Ogan Komering Ilir tidak terlalu parah.

"Dari mana asapnya belum tahu, karena di Kayuagung tidak ada kebakaran. Bisa saja kiriman dari Musi Tulung Selapan, Cengal atau Musi Banyuasin juga," kata Adi.

Meskipun kabut asap mulai menyelimuti Kota Kayuagung, Adi menyebut aktivitas masyarakat tetap seperti biasa. Bahkan tidak ada sekolah dan kantor yang libur. "Aktivitas tetap seperti biasa, nggak ada libur," tutup Adi.

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 126