Berita :: GLOBALPLANET.news

(Grafis: A Taufiq Akbar)

09 September 2019 07:32:00 WIB

GLOBALPLANET - Michael Jordan, pebasket terkenal Amerika Serikat berkata, "Talenta dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan, tetapi kerjasama tim akan memenangkan kejuaraan.”

Ternyata bukan Rio Haryanto adalah orang pertama Indonesia yang terlibat dalam balap Formula One. Dia yang kedua. Sebelumnya sudah ada Stephanus Widjanarko. Anak muda yang disapa Tephie ini adalah salah satu perancang mobil F1. Saat ini, dia bergabung di tim Toro Rosso-Renault. Dari tangannya dan timnya, lahir jet-jet darat yang bisa digeber para pembalap F1.

Sekalipun sosoknya tidak terlihat di sirkuit, perannya tidak kecil. Seberapa cepat pebalap bisa finish tidak cuma bergantung pada skill, tetapi juga dipengaruhi desain mobil. Karena itu, juara F1 selalu dikaitkan dengan timnya. Kemenangan seorang pebalap adalah kemenangan tim.

Kesuksesan Bersama

Kerja sama dalam tim merupakan suatu keharusan kalau sebuah tim ingin meraih posisi terhormat dalam suatu kejuaran. Sebuah tim yang hanya mengandalkan kemampuan pribadi satu orang akan sulit mengalahkan tim yang kompak. Tim yang kompak akan melaju dalam kecepatan tinggi, karena bekerja secara terstruktur dan semangat tinggi.

Kisah di atas memberi kita inspirasi untuk meningkatkan kerja sama dalam sebuah tim yang solid. Yang dipentingkan adalah cara meraih tujuan bersama dalam kehidupan ini. Dalam balap mobil F1 itu, kekompakan dalam sebuah tim sangat dipentingkan. 

Ketika pebalap merasa berjasa sendirian ketika meraih juara, ia telah membuka pintu kegagalan dalam balap-balap berikutnya

Karena itu, dalam suatu tim semua pihak saling membutuhkan dan melengkapi. Dalam sebuah tim itu, mereka meraih kesuksesan. Mari kita tumbuhkan kerja sama tim dalam karya kita hari ini. Kita persembahkan apa yang kita miliki bagi kesuksesan bersama. Tetap semangat, sahabat-sahabat. Tuhan memberkati. *

Frans de Sales SCJ

 

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 112