Berita :: GLOBALPLANET.news

MoU yang dilakukan dengan PT. Sun Sawit dan PT. Xylo Indah Permata. (Foto: Ist)

10 September 2019 08:03:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Beberapa perusahaan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), bakal membantu melakukan pemadaman terhadap rumah warga yang terkena musibah kebakaran. Hal ini disampaikam oleh Kabid Pemadam Kebakaran, Syawal Harahap ketika diwawancara GLOBALPLANET melalui pesan WhatsApp, Selasa (10/9/2019).

"Beberapa perusahaan telah sepakat akan membantu pemadaman kebakaran terhadap rumah warga yang dekat dengan lokasi perusahaan, hal ini sesuai dengan Momerandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Dinas Sat Pol PP dan Damkar bersama PT. Sun Sawit dan PT. Xylo Indah Pratama," katanya.

Lanjutnya, luasnya wilayah Kabupaten OKI menyulitkan kita mengambil langkah dan tindakan cepat sebagai antisipasi penanganan, oleh karena itu kami melakukan penjajakan pada perusahaan yang selama ini memiliki peralatan pemadaman untuk dapat membantu.

"Kalau selama ini perusahaan fokus terhadap pemadaman karhutla, namun kedepan pihaknya juga harus dapat membantu memadamkan api jika terjadi kebakaran rumah maupun lahan dekat pemukiman warga, karena mengingat luasnya wilayah OKI tidak memungkinkan jika musibah kebakaran tersebut dapat diatasi dengan cepat," jelasnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini sudah ada sekitar kurang lebih delapan perusahaan yang dilakukan penjajakan mengenai kerjasama ini, diantaranya yakni PT. Tania Selatan, PT. By, PT. Buluh Cawang Plantions, PT. Waimusi Agro Indah dan beberapa perusahaan lainya yang dekat dengan pemukiman warga akan kita lakukan penjajakan.

"Tercatat sejak Januari 2019 hingga sekarang sudah ada 31 kejadian kebakaran rumah dan lahan dekat pemukiman warga, jumlah ini jauh meningkat dibandingkan pada 2018 lalu sebanyak 21 musibah kebakaran selama 1 tahun dan penyebabnya kebanyakan karena arus pendek," ungkapnya sembari menambahkan apalagi saat ini sedang musim kemarau yang sangat mudah sekali terbakar, meski musibah kebakaran tidak mengenal musim tapi harus tetap diantisipasi. 

Terpisah Kadis Pemadam Kebakaran  dan Sat Pol PP OKi,  Alexander Bustomi MSi meminta masyarakat  untuk waspada terhadap ancaman kebakaran ini.  Mudah-mudahan tahun depan bisa dibangun posko pemadam kebakaran  rumah dan pemukiman warga di daerah perbatasan, sehingga penanganan yang dilakukan petugas dapat lebih cepat dan maksimal termasuk dengan perlengkapan yang memadai.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 429