Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Lapas Kelas II A Lahat Sumsel, Herman Sawiran. (Foto: Ferry Andhika)

10 September 2019 17:48:06 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Lapas Klas IIA Lahat membantah ada warga binaan keluar hingga melakukan penganiyaan terhadap seorang janda muda. Pihak Lapas menyebut, napi tersebut meminta ijin hingga bersujud memohon untuk menjenguk istri yang katanya sedang sakit.

"Berdasarkan hasil BAP dari oknum petugas yang mengizinkan keluar tersebut menyebutkan, bahwa warga Lapas atas nama Irwamsyah (38) meminta izin keluar untuk menjenguk istrinya yang sedang sakit, karena ia mengaku masih menjadi suami sahnya, pada Minggu dini hari (8/9)," ujar Kepala Lapas Klas llA Lahat, Herman Sawiran melalui Ketua Tim Pemeriksa Lapas, Firzon SAg didampingi anggota tim pemeriksa Herlan dan Andrean. Selasa (10/9/2019).

Ditambahkannya, oknum petugas jaga yang mengizinkan keluar tersebut, murni karena unsur kemanusiaan, karena melihat napi tersebut minta dikawal sembari bersujud untuk pulang ke rumahnya.

“Meskipun demikian, oknum petugas sudah menyalahi prosedural, apapun alasannya dan sudah kami periksa, serta hasilnya sudah dilaporkan ke Kanwil untuk diproses. Saat ini yang bersangkutan sudah dinonaktifkan dari jabatannya sebagai petugas lapas,” kata Firzon.

Firzon mengungkapkan, hal ini murni kesalahan dari satu oknum petugas tersebut, karena petugas jaga lainnya sedang ada di blok atau ruangan lain, sehingga hanya diketahui satu oknum petugas tersebut.

“Saat ini, warga lapas yang keluar tersebut sudah diantarkan lagi ke Lapas Lahat, satu jam lebih setelah ia izin keluar. Jadi permasalahan ini jangan di besar besarkan karena sudah di proses,” sampainya. 

Reporter : Ferry Andhika Editor : Zul Mulkan 199