Berita :: GLOBALPLANET.news

Tempat Kejadian Perkara kawanan perampok menguras harta benda dan menembak mati pemilik rumah. (FOTO: AMARULLAH DIANSYAH)

10 September 2019 20:56:37 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Kawanan perampok bersenjata api kembali beraksi di Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, tepatnya di Dusun IV Desa Cinta Damai Kecamatan Sungai Lilin, sekitar pukul 02.30 WIB, Selasa (10/9/2019).

Perampokan yang diduga dilakukan oleh enam orang itu mengakibatkan korban Pristiwanto (36) meninggal dunia lantaran tertembak tepat pada bagian dada.

Selain itu, para perampok juga berhasil menggondol uang milik korban puluhan juta rupiah.

Dari informasi yang dihimpun, para pelaku masuk rumah korban dengan cara membongkar atap gudang yang berada di sebelah rumah dengan menggunakan kunci berukuran 8. Sesampainya di dalam, para pelaku dipergoki oleh korban, sehingga terjadilah perlawanan yang berujung pada sejumlah tembakan. 

"Ada dua kali tembakan yang terdengar, saat itu ada lima pemuda yang mendengar, sehingga mencari sumber suara," ujar Sekretaris Desa (Sekdes) Cinta Damai, Syaiful.

Sesampainya di depan rumah korban, sambung Syaiful, ke lima pemuda yang saat itu tengah begadang langsung turun dari motor dan melihat ada aksi perampokan. Para perampok pun keluar rumah sembari memegang senjata api. Hal itu membuat kelima pemuda kocar kacir melarikan diri.

"Mereka melarikan diri saat lihat ada perampok keluar sambil membawa senjata api, bahkan motor yang digunakan ditinggal begitu saja," kata dia.

Saat melarikan diri itu, kata dia, ada salah satu motor yang ditinggalkan masih tergantung kunci kontak. Motor itulah yang digunakan beberapa pelaku untuk melarikan diri.

"Kunci motor salah satu pemuda itu tertinggal, sehingga dengan leluasa pelaku membawa kabur motor. Disamping itu, para pelaku juga membawa uang dari berangkas korban sekitar Rp 70 juta. Korban tinggal bersama istri dan dua. Saat perampokan terjadi yang menunjukkan berangkas itu anak perempuan," katanya.

Sementara, Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem S. Ik melalui Kasat Reskrim AKP Delli Harris SH MH membenarkan adanya peristiwa perampokan dengan menggunakan senjata api di Desa Cinta Damai Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba.

"Korban mengetahui adanya perampokan sempat melakukan perlawanan, sehingga pelaku mengeluarkan tembakan, salah satunya mengarah ke tubuh korban," kata dia. 

Selanjutnya, pelaku menggasak uang yang tersimpan di laci kasir. Sedangkan, warga yang mengetahui ada perampokan menolong korban dan dibawa berobat ke RSUD Sungai lilin guna mendapatkan perawatan medis. 

"Nyawa korban tidak tertolong karena menderita luka tembak dibagian leher serta dada. Kita sudah lakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa sejumlah saksi serta barang bukti," katanya. 

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : AT Alam 490