Berita :: GLOBALPLANET.news

Rapat verifikasi data suara sah bersama parpol yang memilki kursi di DPRD Empat Lawang, yang digelar di aula Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Rabu (11/9/2019)/(FOTO: RODI HARTONO)

11 September 2019 09:15:29 WIB

EMPATLAWANG, GLOBALPLANET - Sebanyak 11 partai politik, yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Empat Lawang priode 2019-2024, akan memperoleh dana bantuan Parpol dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang.

Parpol-parpol tersebut antara lain, Partai Amanat Nasional (PAN), PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Gerindra, Partai Perindo, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Empat Lawang, Dr Agusni Effendi melalui Kabid Politik, Ridho Octaviano menjelaskan, dana bantuan yang diperoleh masing-masing parpol ditentukan berdasarkan jumlah total perolehan suara yang sah pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu, dikalikan Rp7.650.

"Jadi pertahunnya, besaran bantuan Parpol itu Rp7.650 dikalikan total jumlah suara yang sah yang diperoleh parpol itu pada pileg lalu," jelas Ridho Octaviano usai rapat verifikasi data suara sah bersama Parpol yang memilki kursi di DPRD Empat Lawang, yang digelar di aula Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Rabu (11/9/2019).

Pencairan bantuan dana parpol, jelas dia, dalam setiap tahunnya itu sebanyak dua kali pencairan. "Ada dua kali pencairan dalam setahun, dari jumlah yang berhak mencairkan dana itu," imbuhnya.

Khusus tahun ini (2019) kata Ridho, termin pencairan dana bantuan Parpol, hanya dicairkan termin kedua. Sebab, bantuan parpol termin pertama sudah dicairkan oleh partai yang memiliki kursi di DPRD priode 2014-2019 lalu. Dalam artian, perhitungan jumlah suara yang baru itu baru disahkan sekarang.

"Anggota dewan yang baru itu baru dilantik bulan lalu. Jadi, untuk perhitungan yang baru, itu baru kita laksanakan sekarang. Kalau pencairan termin pertama tahun ini itu sudah dicairkan oleh partai pemilik kursi dewan priode sebelumnya," kata dia.

Kegunaan dana bantuan parpol, menurut Ridho dapat dimanfaatkan oleh parpol untuk berbagai kegiatan yang digelar oleh parpol. Misalnya, pembiayaan sekretariat parpol atau kegiatan-kegiatan yang digelar oleh parpol 

"Karena ini merupakan angaran dari duit negara, tetap ada pertanggungjawabannya bagi parpol dalam pengelolaan dana tersebut," tegasnya. 

 

Reporter : Rodi Hartono Editor : AT Alam 56