Berita :: GLOBALPLANET.news

Kondisi rumah pascadiamuk api di Kelurahan Pagar Agung, Lahat, Rabu (11/9/2019)/(Foto: Ferry Andhika)

11 September 2019 14:48:26 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Firman Fauzi (12) warga Jalan Lingkar RT 03, Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat nyaris menjadi korban dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di rumahnya sendiri, sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (11/9/2019).

Beruntung, warga yang mengetahui peristiwa kebakaran tersebut langsung masuk ke dalam rumah milik Sukaya Insan (51) sebelum api menjalar ke seluruh bangunan. Anak bungsu pemilik rumah yang saat itu tengah tertidur lelap, langsung dibangunkan dan diselamatkan warga.

Akibat peristiwa tersebut, kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Api diketahui bermula saat terlihat percikan yang membuat asap membumbung sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (11/9). Selanjutnya warga langsung teriak dan berusaha memadamkan api.

Sayangnya, saat kebakaran berlangsung pemilik rumah berada di Jambi, hanya ada anak  sulung korban, Ekso ( 30) sedang pergi ke pasar dan Firman Fauzi. "Ada tetangganya yang langsung masuk dan membangunkan anak korban agar segera keluar, saat terjadi kebakaran" ujar Iwan (30) warga sekitar.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIB oleh warga dan dibantu mobil PBK Lahat. Ekso, anak korban hanya bisa terkejut usai pulang dari pasar rumahnya telah terbakar.

Sementara Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap melalui Kasubag Humas Iptu M Sabar membenarkan kejadian tersebut. Tim Inafis pimpinan Aipda L Diaz Tampubolon langsung meluncurkan ke lokasi kejadian melakukan olah TKP.

Menurutnya, sumber api diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik yang berada di ruang depan. "Untuk penyelidikan masih terus kita lakukan. Korban jiwa tidak ada hanya saja kerugian material yang diderita korban," katanya.

 

Reporter : Ferry Andhika Editor : AT Alam 92