Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, meraih penghargaan sebagai Duta Kopi Indonesia dari Forum Duta Kopi Indonesia, yang diterima langsung Bupati di Palembang, belum lama ini. (Foto: Dadang Dinata)

11 September 2019 17:23:28 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, meraih penghargaan sebagai Duta Kopi Indonesia dari Forum Duta Kopi Indonesia. Penghargaan diterima langsung Bupati di Palembang, belum lama ini.

Penghargaan tersebut diberikan lantaran kontribusi dan kepedulian Pemkab OKU Timur terhadap pengembangan kopi di Sumatera Selatan, khususnya jenis kopi Robusta yang saat ini masih dikembangkan masyarakat di wilayah OKU Timur.

Meskipun  OKU Timur bukan merupakan daerah penghasil kopi yang banyak. Namun hingga saat ini keberadaan tanaman kopi masih dilestarikan dimasyarakat. Bahkan Pemkab OKU Timur juga selalu memberikan perhatian serta membantu proses pengemasan sehingga kemasan kopi yang dipasarkan dapat lebih bagus dan menarik,terang Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi pada Rabu (11/09/2019).

"Dulu OKU Timur juga salah satu daerah penghasil kopi khususnya  di jalur Komering. Namun karena kultur tanahnya saat ini tidak cocok lagi sehibgga tidak sebanyak dulu, dan saat ini yang masih bertahan hanya di daerah Desa Kota Baru, Kecamatan Martapura. Itu pun proses penanaman hingga panen dilakukan perawatan yang ekstra maupun betul-betul diperhatikan," katanya.

 Selain itu, pelestarian tanaman kopi di Bumi Sebiduk Sehaluan selain untuk melestarikan peninggalan nenek moyang terdahulu juga karena hampir seluruh masyarakat OKU Timur merupakan penikmat minuman kopi,tambahnya.

"Yang jelas kedepan kita akan terus memberikan sopport dan dukungan terhadap masyarakat petani kopi yang masih mengembangkan tamanan kopi. Hal ini untik menjaga warisan nenek moyang agar tetap dilestarikan," imbuhnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 70