Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua TP PKK dan Kadis Kesehatan melakukan pembagian obat cacing, Kamis (12/9/2019). (Foto: Adi Irawan)

12 September 2019 16:48:00 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Dinas Kesehatan Banyuasin mencanangkan Program Gerakan Minum Obat Cacing Mencegah Stunting (Genting) dengan memberikan secara gratis obat cacing yang disebarkan ke seluruh Puskesmas dan Sekolah dalam wilayah Banyuasin, Kamis (12/9/2019).

Ketua TP PKK Banyuasin dr Fitri Askolani menyampaikan,  untuk anak dan balita berusia 1 sampai 12 tahun wajib minum obat cacing. Program ini merupakan upaya Pemkab dalam pencegahan stunting di Kabupaten Banyuasin.

“Kita sudah melakukan langkah cepat melalui Dinas Kesehatan Banyuasin, agar Stunting ini tetap dilakukan pencegahan sejak dini mulai dari Posyandu, Imunisasi dan minum obat cacing,” kata dia.

Ada tiga jenis cacingan yakni cacing kremi, tambang dan gelang. Ciri penyakit cacingan itu wajah tampak pucat dan lesuh karena menyerap protein, kabron hidrat dan darah dampaknya bisa mempengaruhi stunting.

“Kita minta Dinkes terus berupaya mencegah stunting dengan membagikan obat cacing kepada anak dan balita,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin dr Masagus M Hakim mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi aktif pada Gerakan Minum Obat Cacing Mencegah Stunting (Genting) bagi usia 1-12 tahun.

“Kegiatan ini tahun pertama di Kabupaten Banyuasin dan sudah mulai pada Agustus, September dan Oktober 2019. Kegiatan ini akan dilakukan 5 tahun berturut-turut,” katanya.

Obat yang tersedia dari Kemenkes untuk Banyuasin 189.000 tablet. Dosis yang diberikan 200 mg untuk usia 2 bulan -23 bulan dan 400 mg 2 sampai 12 tahun. 

“Kepada orang tua dipastikan anak dan balita nya sudah mendapatkan obat cacing,” pungkas dia. 

Reporter : Adi Irawan Editor : M.Rohali 387